Cara Memandikan Kucing Agar Tidak Berontak

Posted on

Satwanesia.comCara Memandikan Kucing – Mandi adalah hal yang wajib dan juga merupakan salah satu prioritas yang harus dilakukan oleh manusia setelah beraktivitas selama seharian. Sama halnya seprti manusia, kucing juga merupakan salah satu mahluk yang suka bergerak dan juga lebih sering berada diluar ruangan.

Hal ini menjadikan bulu kucing lebih sering kotor. Dengan memandikan kucing maka, kucing anda akan menjadi sehat dan juga jauh jauh deh dari kotoran dan penyakit.

Untuk anda yang belum tahu atau pemula dalam dunia hewan pemalas ini. Perlu diketahui bahwa kucing juga punya acara tersendiri untuk membersihkan dirinya. Pada sisa kotoran yang menempel pada bulu bahkan dicelah celah bulu tersebutlah yang dibersihkan.

Cara Memandikan Kucing
Cara Memandikan Kucing

Cara membersihkan bulu yang dilakukan oleh kucing dengan cara mengibatkan atau menggerakkan badan kucing dengan kencang. Juga anda pernah melihat kucing menjilat-jilat badan kucing. Nah itu adalah cara terbaik dari kucing untuk membersihkan kotoran dan juga merawat bulu agar tetap bersih dan juga lebih mengkilat.

Namun bagi anda pemilik kucing pasti hal itu tidak cukup kan untuk menjaga si kucing. Tentunya agar terhindar dari penyakit dan kotoran, kutu-kutu bulu kucing serta jamur-jamur yang menempel. Untuk pembahasan tentang mengatasi kutu kucing anda bisa simak ulasan disini.

Sebelumnya pastikan kucing anda sudah di vaksin kucing agar tetap sehat. Nah, untuk pencinta kucing pemula yang bingung cara memandikan kucing. Takutnya nanti kucing dasarnya takut air bisa bisa nanti kucing mencakar dan berontak saat dimandikan dengan air.

Nah dibawah ini adalah cara memandikan kucing paling yang bisa anda aplikasikan panduan saat menadikan kucing anda, berikut tips memandikan kucing yang benar.

Persiapan Sebelum Memandikan Kucing :

  • Handuk
  • Shampoo khusus kucing
  • Bak Mandi / Ember
  • Sisir
  • Hair Dryer
  • Cootonbuds
  • Air Hangat dan Air Biasa (Tergantung cuaca saat menadikan)
  • Baby Oil
  • Potongan kuku
  • Handscoon ( yang murah banyak diapotik)

Cara Memandikan Kucing Bagi Pemula

1. Memabasahi Tubuh Kucing

Siram atau bisa anda basahi dengan air hangat pada ember. Jika anda memiliki shower bisa anda siram dengan siraman lebut diseluruh bulu ditubuh kucing kemudian basahi untuk bagian kepala, dan juga bagian yang anda anggap kotor. Hati-hati jika air banyak yang masuk ke telinga kucing.

2. Berikan Shampo Kucing

Setelah basah merata ambil shampo dan usapkan kebulu kucing sampai banyak busanya. Usapkan secara merata dari kepala sampai ujung ekor. Hati- hati jangan sampai kena mata. Sambil dishampo anda bisa memberikan pijitan yang lembut agar kucing anda lebih relaks dan pastinya tubuh kucing nanti lebih enteng.

Note : kalau untuk masalah kutu kucing anda bisa memakai shampo yang khusus untuk menghilangkan kutu bulu pada si kucing.

3. Bilas sampai benar benar Bersih

Pembilasan yang dilakukan bisa dengan shower atau diguyur air yang baru bisa pakai air biasa jika air anget habis. Pastikan bulu yang kotor tadi sudah kinclong dan juga sisa shampo jangan sampai ada biar lebih enak saat disisir dan dikeringkan nanti.

4. Keringkan Kucing dengan Handuk & Hair Dryer

Gelar handuk yang sudah anda siapkan kemudian taruh kucing diatasnya. Kemudian anda usapkan keseluruh tubuh kucing sampai air yang menempel benar benar hilang. Setelah dengan handuk nyalakan hair dryer lalu keringkan sampai benar-benar kering. Biar bulu kucing tidak lembap dan tidak jadi bersarangnya penyakit.

Nah bagimana mudah kan cara menadikan kucing diatas? Tapi ada yang kurang nih, setelah kucing dimandikan untuk hasil yang sempurna harus dimenikur pedikur. Setelah semua tahapan diatas selesai tinggal perawatan kuku dan juga telinga kucing,

Tips Tambahan untuk setelah memandikan kucing

5. Bersihkan Telinga Kucing

Pakai handscoon agar tangan tetap bersih aman untuk anda dan untuk kucing kemudian. Ambil cottenbuds yang sudah ditetesi baby oil. Dekap sikucing dengan lembut kemudian anda masukan pembersih telinga dengan pelan. Putar dan ambil kotoran pada kucing, lakukan sampai benar-benar bersih. Nah pada langkah terakhir untuk kucing hias bukan untuk kucing domestik.

6. Potong kuku kucing

Pemotongan kuku pada kucing ini hanya kita rekomendasikan untuk kucing jenis hias atau kucing kampung mix ras lainnya. Karena pemotongan kuku ini untuk kucing hias sangat penting dalam menjaga kesehatan karena agar terhidar dari jamure parasite yang suka menggerogoti kuku kucing. Kenapa hal ini tidak kami rekomendasikan bagi kucing kampung. Karena untuk kucing kampung yang bukan hias berfungsi untuk pertahanan diri saat diluar rumah atau untuk mencari mangsa. Jadi gak usah dipotong kuku untuk kucing kampung ya. Cukup dimandikan kucing kampung sudah mantap menurut saya atau dengan dibersihkan kupingnya.

Tips terakhir waktu yang tepat untuk memandikan kucing anda secara umum adalah 1 minggu sekali. Namun untuk menjaga jaga agar kucing tidak kusut kotor bahkan banyak kutunya kalau kotor dikit kira-kira banyak aktivitas diluar dan tempatnya lumayan kotor bisa anda mandikan dan bersihkan sebelum nanti terjadi penyakit atau kutu kucing. Selamat mengaplikasikannya. Semoga sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *