Cara Merawat Anak Kucing Persia

Satwanesia.comCara Merawat Anak Kucing Persia – Kucing Persia merupakan salah satu jenis kucing yang paling dicari. Selain bentuknya yang lucu juga memiliki tubuh yang gembul. Kucing ini memiliki harga yang mahal serta biaya perawatan yang tinggi. Sehingga tidak semua orang bisa merawat kucing jenis ini dengan baik.

Meski begitu, masih ada banyak pencinta kucing yang memiliki kucing jenis ini. Bahkan mereka tiadak hanya memiliki satu bahkan ada yang punya banyak.

Cara Merawat Anak Kucing Persia
Cara Merawat Anak Kucing Persia

Merawat Anak Kucing Persia berbeda dengan kucing kampung yang lebih mudah perawatannya. Biaya perawatan tidak selalu habis uang banyak, Anda bisa meminimalisirnya. Jika anda memang berniat memelihara Anak Kucing Persia namun belum tahu bagaimana cara merawatnya, berikut adalah cara merawat yang benar.

Memelihara Anak Kucing Persia Baru Lahir

Memberinya Tempat Tinggal

Kandang Kucing Kayu
Kandang Kucing Kayu

Hal pertama yang penting yakni memelihara kucing dengan memberikan Kandang Kucing. Tempat untuk hewan peliharaan seperti Kucing Persia harus nyaman. Anda bisa membeli kandang yang terbuat dari besi, kayu, atau sebuah ruangan khusus untuk tempat tinggal si kucing. Jika usia Kucing Persia Anda baru 2 bulan maka tempat tinggalnya harus jauh dari udara dingin karena daya tahannya masih lemah.

Menjaga Lingkungan Kucing

Setelah menyediakan tempat tinggal, cara merawat Anak Kucing Persia berikutnya yaitu menjaga lingkungan tempat tinggal kucing Anda. Jika Anda menggunakan kandang yang bisa dipindah, maka usahakan kandang tersebut jauh dari binatang lainnya. Selain keamanan Anda juga harus menjaga kebersihan di sekitar kandang demi kesehatan si kucing.

Sediakan Tempat Makan dan Minum

Jenis Makanan Kucing
Jenis Makanan Kucing

Cara merawat Anak Kucing Persia selanjutnya dengan menyediakan tempat makan dan minum khusus kucing Anda. Jika hanya memiiki satu kucing maka Anda cukup menyediakan satu tempat makan dan minum dengan ukuran sedang. Namu jika kucing Anda tidak hanya satu maka sediakan tempat makan lebih banyak sesuai jumlah kucing tersebut, atau bisa juga satu wadah yang berukuran besar.

Selain itu, tempat minum pun usahakan tidak mudah tergeser oleh kucing Anda. Jika air minum tumpah maka berisiko membuat kucing basah dan memicu jamur tumbuh di badan kucing. Jika dibiarkan dalam waktu lama, maka kucing Anda bisa terancam jiwanya. Perhatikan dengan baik untuk merawat Anak Kucing Persia yang benar.

Memberi Kucing Makan

Setelah kucing Anda memiliki tempat tinggal, maka cara merawat Anak Kucing Persia selanjutnya yakni memberinya makan. Tidak sama dengan kucing kampung yang bisa makan apa saja, Kucing Persia butuh makanan khusus. Kucing butuh makanan yang tinggi protein seperti ikan, daging, dan beberapa makanan berprotein lainnya. Jangan memberi makan yang banyak karbohidrat kepada kucing.

Sebaiknya saat memberinya makan Anda menggunakan makanan khusus untuk kucing yang sudah teruji dan kaya dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk Kucing Persia. Makanan kucing yang diproduksi sendiri terdapat dua jenis yakni wet food atau basah dan dry food atau makanan kering.

Agar cara merawat Anak Kucing Persia Anda tidak salah, sebaiknya gunakan makanan jadi tadi. Selanjutnya Anda bisa memberikan dry food saja daripada wet food. Anda juga bisa memberikan keduanya secara seimbang untuk menjaga pencernaan kucing tetap terjaga.

Memberikan Tempat Kotoran

Pasir Kucing Zeolit
Pasir Kucing Zeolit

Merawat Anak Kucing Persia yang benar yakni tidak membiarkan kucing buang kotoran sembarangan. Anda bisa menyiapkan tempat kotoran untuk kucing. Seperti yang kita ketahui, kucing senang buang kotoran di atas pasir. Sehingga lebih baik siapkan pasir khusus yang nantinya digunakan oleh kucing Anda buang kotoran. Sehingga kucing bisa terbiasa dan tempat tinggalnya tidak menjadi kotor.

Tempat untuk kotoran kucing sebaiknya lebar dan sedikit tinggi agar saat kucing menutup kotorannya, pasir tidak banyak yang berserakan keluar wadah. Jenis pasirnya sendiri, Anda bisa menggunakan pasir wangi dengan berbagai nomor besarnya pasir dan juga ziolit yang berbeda-beda sesuai kebutuhan.

Untuk merawat Anak Kucing Persia seperti ini akan efektif dan bersih. Jika Anda menggunakan pasir wangi, maka Anda tinggal membuang bagian pasir yang menggumpal saja karena pasir yang tidak terkena kotoran atau kencing kucing tidak akan jadi menggumpal.

Semua orang pasti tahu cara merawat Anak Kucing Persia, asal menerapkan setiap hari dan telaten. Anda bisa mencoba cara-cara di atas sedikit demi sedikit hingga menjadi kebiasaan kepada di kucing. Sebaiknya Anda jangan terlalu kasar saat merawat kucing karena bisa membuatnya tidak nyaman.

Tinggalkan komentar