Cara Merawat Burung Jalak Biar Gacor

Satwanesia.comCara Merawat Burung Jalak – Burung Jalak ini hampir sama dengan burung beo yang mempunyai kemampuan untuk menirukan suara manusia atau suara-suara yang pernah didengarnya. Hal ini tentu tidak mudah untuk bisa membuat Burung Jalak sampai bisa menirukan suara manusia. Dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran bagi pecinta burung yang ingin memelihara burung jenis ini.

Burung Jalak sendiri merupakan burung kicau yang cukup populer dan banyak diminati oleh para pecinta burung. Meskipun memiliki berbagai jenis, seperti Jalak Kebo, Jalak Suren, Jalak Bali, Jalak Nias dan masih banyak lagi lainnya. Nah, bagi anda yang pemula jika ingin merawat Burung Jalak tentunya ada kiat kiat tertentu agar Jalak peliharan anda bisa jadi.

Cara Merawat Burung Jalak Bagi Pemula

Perhatikan Kondisi Kandang Agar Selalu Bersih

Cara Merawat Burung Jalak
Bersihkan Kandang

Merawat Burung Jalak yang pertama adalah memperhatikan kandangnya. Usahakan kandang yang ditempati memiliki cukup ruang bagi Burung Jalak untuk bergerak lumayan bebas. Selain itu, cek secara berkala kebersihan kandang. Jangan sampai kotorannya menumpuk di kandang. Bersihkan secara berkala, misalnya seminggu sekali atau 5 hari sekali.

Berikan Makanan dan Minuman yang Cukup

Cara Merawat Burung Jalak
Makanan Burung Jalak

Jangan lupa bersihkan pula tempat makan dan tempat minumnya secara rutin. Sebab tempat makan dan minum yang kotor akan mempengaruhi nafsu makan dari Burung Jalak itu sendiri. Bahkan ada sebagian burung yang suka mematuk tempat makan atau tempat minumnya agar tumpah dan mengotori kandang jika Burung Jalak merasa tempat makan dan minumnya sudah kotor.

Penuhi Nutrisi Makanan Burung

Selain kebersihan kandang dan tempat makan minumnya, cara merawat Burung Jalak yang kedua adalah dengan memperhatikan asupan makanannya. Untuk Burung Jalak hasil tangkapan belum tentu mau jika diberi makan voer, untuk itu diperlukan makanan seperti buah dan sayur sambil diselingi dengan voer agar mereka terbiasa. Kecuali Burung Jalak hasil tangkapan itu masih anakan yang cenderung masih belum bisa mencari makan sendiri. Para pecinta burung bisa memberinya makan voer yang sudah dilunakkan seperti bubur dan menyuapinya secara rutin.

Memandikan Burung Secara Teratur

Cara Merawat Burung Jalak
Mandikan Burung Jalak

Selain makanan dan kebersihan kandang, cara merawat Burung Jalak yang baik adalah dengan memandikannya secara teratur. Tidak ada ketentuan khusus berapa kali dalam seminggu untuk memandikan Burung Jalak, kegiatan ini hanya menyesuaikan dengan waktu yang dimiliki oleh pemilik burung itu sendiri. Biasanya baik Burung Jalak maupun burung jenis apapun dimandikan saat pagi hari.

Cara memandikannya ada yang langsung disemprot di dalam kandangnya, ada juga yang dipindahkan dulu ke kandang khusus untuk memandikan burung. Kandang ini ukurannya lebih lebar daripada kandang yang biasa, di dalamnya terdapat wadah berisi air agar Burung Jalak bisa mandi di wadah tersebut.

Jangan Lupa Jemur Burung

Setelah proses memandikan selesai, maka cara merawat Burung Jalak yang sudah mandi tersebut akan di jemur dibawah pohon yang agak rindang atau di teras rumah. Perhatikan juga jangan sampai burung merasa kepanasan saat proses dijemur. Jika bulu burungnya sudah kelihatan kering atau burung tersebut paruhnya terlihat menganga, itu artinya sudah waktunya untuk dikembalikan ke tempat yang teduh. Perhatikan pula tempat menggantung kandangnya, jangan sampai ada semut yang di sekitar kandang tersebut. Kalau perlu beri obat anti semut di sekitar bawah kandang Burung Jalak.

Berikan Vitamin Burung

Cara Merawat Burung Jalak
Vitamin Untuk Burung Jalak

Selain membutuhkan kandang yang bersih, cara merawat Burung Jalak dengan baik adalah dengan menjaga agar tempat makan dan tempat minum tetap bersih serta makanan dan vitamin yang tercukupi. Hal ini tentu membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang sangat besar, dan ini pula yang bisa membuat seorang pecinta burung akan merasa sayang untuk menjual burung yang sudah dilatihnya dengan susah payah.

Cara Merawat Burung Jalak Biar Jinak

Cara merawat Burung Jalak hasil penangkaran bisa dibilang lebih mudah daripada Burung Jalak hasil tangkapan. Mereka sudah terbiasa dengan jenis makanan voer, selain itu mereka juga terbiasa dengan lingkungan manusia. Boleh dibilang mereka bisa lebih jinak jika didekati oleh manusia. Bahkan saat manusia memberi makan dengan cara memasukkan tangannya ke dalam kandang, Burung Jalak ini hanya diam saja.

Berbeda dengan Burung Jalak hasil tangkapan yang bisa menjadi liar dan mematuk tangan manusia jika memberi makannya sama seperti pada jalak hasil penangkaran. Trik agar burung jalan tidak semakin stres dan liar, saat akan memberi makan, pindahkan terlebih dahulu jalak ke kandang lain, caranya dengan menghubungkan kandang yang satu dengan kandang yang lain. Usahakan Burung Jalak mau berpindah tempat agar kandangnya bisa segera dibersihkan.

Tinggalkan komentar