Cara Merawat Burung Kacer biar Jinak dan Gacor

Satwanesia.comCara Merawat Burung Kacer – Burung kacer adalah jenis burung yang banyak dipelihara oleh para pecinta burung untuk dilombakan karena burung kacer memiliki kicauan yang sangat merdu bagi telinga para komunitas pecinta burung. Tidak heran untuk bisa mempunyai burung kacer diperlukan pengetahuan tentang cara merawatnya agar cepat jinak sehingga proses melatih suaranya pun bisa menjadi lebih cepat pula.

Cara Merawat Burung Kacer
Cara Merawat Burung Kacer

Burung Kacer ini termasuk jenis burung yang mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar serta mudah dijinakkan. Para pecinta burung harus tahu cara merawat burung kacer yang termasuk jenis burung petarung yang pemarah ini. Apalagi disaat burung ini sedang mbagong, yaitu burung dengan bulu yang rontok dikarenakan kondisi tertentu seperti burung kacer sedang birahi, pemberian suplemen yang terlalu banyak serta burung kacer yang sedang stres.

Cara Merawat Burung Kacer biar Jinak

Penuhi Vitamin Pada Burung Kacer Mu

Sebelum mempelajari cara merawat burung kacer agar cepat jinak, perlu diketahui terlebih dahulu jenis makanan yang cocok untuk burung kacer. Di pasar khusus hewan banyak dijumpai berbagai jenis pakan burung, mulai dari yang alami sampai dengan pakan burung yang berupa voer. Untuk yang alami, burung kacer ini bisa diberi makanan berupa keroto, ulat bambu, cacing tanah, serangga kecil seperti jangkrik dan ulat hongkong.

Setelah mengetahui jenis pakan burung kacer, cara merawat burung kacer yang pertama agar cepat menjadi jinak adalah dengan membiarkan burung kacer kelaparan. Hal ini tentu termasuk cara yang sadis untuk menjinakkan burung. Cara ini sering digunakan pada burung kacer hasil tangkapan dari hutan karena dengan membiarkannya kelaparan membuat burung kacer akan membutuhkan manusia sebagai orang yang memberinya makan.

Cara Merawat Burung Kacer
Cara Merawat Burung Kacer Biar Jinak

Melatih Memandikan Kacer

Cara merawat burung kacer selanjutnya adalah dengan cara melatihnya mandi. Cara ini efektif untuk burung kacer yang sudah beradaptasi sekitar 3 hari atau lebih. Cara memandikannya bisa dengan memindahkan burung kacer ke kandang yang khusus untuk memandikan burung. Pada bagian dalam kandang terdapat wadah yang diisi air sebagai tempat mandi bagi burung kacer. Cara memindahkannya dengan cara membuka kedua pintu kandang yang sudah didekatkan. Usahakan agar burung kacer mau pindah ke kandang khusu untuk mandi. Jika burungnya tidak mau berpindah tempat tidak usah terlalu dipaksa karena akan menyebabkan burung semakin stres.

Treatment Khusus Saat Memandikan Kacer

Cara merawat burung kacer dengan cara memandikannya selain mandi di kandang khusus untuk mandi, bisa juga cara menyemprot burung kacer sampai basah kuyup. Ini dimaksudkan agar burung tidak bisa terbang karena kondisi bulunya yang basah semua. Jika sudah begitu, tinggal di elus-elus pada bagian dada dan punggungnya agar burung mengenal pemiliknya. Lakukanlah secara perlahan namun pasti. Awalnya burung mungkin akan merasa terkejut dan takut, tapi jika dilakukan secara rutin dan dengan penuh kasih sayang maka burung akan merasa nyaman dengan elusan pada punggung dan dadanya sehingga akhirnya dia akan menjadi jinak.

Biasakan Juga Memberikan Makanan dari Tangan Anda Langsung

Hal selanjutnya dalam cara merawat burung kacer agar cepat jinak setelah dimandikan adalah dengan memberikan makan langsung dari tangan manusia. Biasanya setelah mandi, burung akan merasa lapar, momen inilah yang bisa digunakan agar burung cepat jinak. Caranya letakkan pakan burung seperti jangkrik atau ulat di telapak tangan. Biarkan burung mendekat untuk mematuk pakan yang ada di tangan. Jika burung terlihat masih ragu-ragu, taruh pakan pada lidi lalu sodorkan ke burung kacer.

Letakkan Burung Kacer Dekat Dengan Anda Saat Beraktivitas

Cara merawat burung kacer agar menjadi jinak yang selanjutnya adalah dengan menutupi kandangnya dengan kerodong sangkar dari kain yang tipis. Letakkan kandang di atas dekat manusia banyak beraktivitas. Hal ini bertujuan agar burung kacer dapat melihat segala kegiatan manusia di sekitar kandangnya melalui kerodong yang samar tersebut. Lakukan hal ini sampai burung bisa beradaptasi dengan lingkungannya. Jika burung kacer sudah terbiasa, kerodong bisa dibuka sepenuhnya.

Dengan mengetahui cara merawat burung kacer membuat para pecinta burung akan bisa dengan mudah untuk menjinakkan burung kacer. Mulai dari mengenali sifat dari burung kacer, jenis pakan yang disukainya, cara memandikan sampai dengan cara memberi makan yang tepat bisa membuat para pecinta burung yang pemula juga bisa menjinakkan burung kacer.

Tinggalkan komentar