Cara Merawat Kucing Anggora Untuk Pemula

Satwanesia.com – Cara Merawat Kucing Anggora – Kucing memang lucu jika dijadikan binatang peliharaan. Terlebih Kucing Anggora yang sangat populer di kalangan pencinta kucing. Kucing jenis ini dikenal suka bermain air jadi Anda harus mengawasi agar anak Kucing Anggora yang berusia 1-3 bulan tidak tenggelam.

Kucing Anggora membutuhkan banyak perhatian dari pemiliknya agar tidak stres dan mudah mengamuk. Anggora biasanya sering stres jika hidup sendiri dalam waktu yang cukup lama. Mulai Anda mengadobsinya atau memeliharanya setelah lahir maka belajarlah cara merawat Kucing Anggora dengan benar agar kucing ini lebih terlatih, bahkan mahir untuk melakukan beberapa kegiatan.

Cara Merawat Kucing Anggora
Cara Merawat Kucing Anggora

Kucing Anggora yang berusia 1-3 bulan memang butuh perawatan khusus. Untuk itu, Anda tidak boleh sembarangan dalam memberikan makan, minum, maupun memandikannya.

Kucing jenis ras Anggora memang cukup banyak menarik perhatian para pecinta kucing. Jika anda memang benar-benar ingin memilikinya, sangat disarankan untuk memilih Anak Kucing Anggora untuk memulainya. Berikut cara merawat Kucing Anggora berusia 1-3 bulan yang benar.

Cara Merawat Kucing Anggora Umur 3 Bulan

Cara Merawat Kucing Anggora Umur 3 Bulan
Cara Merawat Kucing Anggora Umur 3 Bulan

Memberi Makanan Pengganti Susu Induk

Jika Anda memiliki Kucing Anggora yang masih bayi atau baru megadopsinya dari orang lain, maka pastikan tahu cara merawat Kucing Anggora. Dalam hal makanan, Anda bisa memberikannya makanan pengganti susu induk dengan berbagai jenis susu bubuk yang mudah didapatkan di klinik hewan atau petshop. Namun Anda tidak boleh sembarangan dalam memberikan, perhatikan juga dosisnya.

Gunakan Botol Susu

Sebenarnya cara merawat Kucing Anggora sama dengan merawat bayi manusia. Anda harus telaten dan sabar. Saat memberikan minum, usahakan Anda menggunakan botol susu khusus kucing yang juga ada dot khususnya. Botol susu kucing ini banyak dijual di toko hewan peliharaan atau di toko online. Anda juga bisa meneteskan susu bubuk yang telah diseduh langsung ke mulut kucing.

Pancing Anak Kucing Anggora untuk BAK

Anda bisa memancing anak Kucing Anggora untuk BAK dengan cara mengusap bagian bawah ana Kucing Anggora dengan kain kasa atau handuk yang telah direndam dengan air hangat tepat sebelum kucing makan. Jangan lupa bersihkan bagian anus dan bagian kelamin setelah makan dan letakkan anak Kucing Anggora ke dalam kotak pasir agar terbiasa buang kotoran sekaligus buang air kecil. Cara merawat Kucing Anggora ini memang harus dilakukan dengan pelan-pelan.

Perhatikan Ciri-Ciri Feses dan Urine yang Sehat

Cara merawat Kucing Anggora berikutnya yakni penting untuk memperhatikan urine dan feses anak Kucing Anggora Anda. Kucing Anggora rentan terserang penyakit sehingga harus sedikit waspada. Urine anak Kucing Anggora yang sehat tidak akan menimbulkan bau menyengat dan akan berwarna kuning agak pucat. Sedangkan pada feses sehat memiliki bentuk lonjong kecil dan warna kuning agak kecoklatan.

Masalah feses dan urine ini bisa menjadi masalah penting dalam penyerapann nutrisi makanan anak Kucing Anggora. Bisa saja anak Kucing Anggora tersebut terlalu banyak makan. Jika fese berbau lebih tajam dengan warna gelap, maka bisa jadi kucing Anda mengalami dehidarasi. Anda harus lebih waspada agar tidak berlanjut ke sakit lainnya.

Selalu Perhatikan Jadwal Rutin Makan Anak Kucing

Jadwal makan anak anggora berbeda dengan Kucing Anggora yang sudah dewasa. Anda harus tahu cara merawat Kucing Anggora bayi termasuk memperhatikan waktu. Ia makan setiap 2 atau 3 jam sekali. Saat merasa lapar, kucing akan mengeong dan mencari puting ibunya. Namun karena tidak ada induknya, maka Anda yang harus sigap memberinya makan.

Perhatikan Suhu Tubuh Anak Kucing

Sama halnya dengan manusia, Anda juga harus memperhatikan suhu tubuh anak Kucing Anggora. Jika ia merasa kedinginan jangan beri makan dulu. Cara merawat Kucing Anggora bayi yang kedinginan yaitu dengan menghangatkannya dengan memberinya kain di sekitar tubuhnya agar tidak lagi kedinginan. Suhu tubuh ini akan berpengaruh pada daya tahan tubuhnya. Jika anak Kucing Anggora sakit, maka Anda sendiri yang akan repot. Sehingga lebih cepat lakukan penanganan pertama sebelum ia sakit.

Bahkan jika suhu tubuhnya memang sangat rendah dan turun secara drastis maka bagian mulut anak Kucing Anggora akan terasa dingin juga. Kalau tidak segera mengembalikan suhu tubuh normalnya maka ini akan mengancam keselamatan nyawa kucing tersebut.

Memang cara merawat Kucing Anggora tidak gampang, tapi jika Anda mengetahui langkah-langkahnya maka akan terbiasa dan tidak lagi merasakan kesulitan. Jadilah pemelihara kucing yang bertanggung jawab dengan merawatnya dengan benar.

Tinggalkan komentar