Cara Ternak Lovebird Lengkap dari Pemula Sampai Berhasil

Posted on

Satwanesia.comCara Ternak Lovebird – Memelihara Burung kicau merupakan salah satu hobi yang banyak digandrungi oleh kaum lelaki di Indonesia. Salah satunya adalah burung Lovebird yang merupakan burung dengan suara nyaring serta memiliki berbagai warna sesuai dengan jenis burung Lovebird yang ada. Selain banyak digemari oleh banyak kalangan, tak sedikit juga yang suka beternak burung Lovebird karena memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Di pasaran, burung Lovebird ini termasuk salah satu yang memiliki daya jual yang signifikan. Tak heran, jika banyak juga yang membudidayakan Lovebird baik hanya sebagai hobi atau untuk dijadikan bisnis.

Bagi anda pemula dan ingin memulai untuk hobi baru ini, tentunya harus mengetahui pola dasarnya terlebih dahulu agar budidaya burung Lovebird bisa sukses. Lantas apa saja yang harus dilakukan untuk bisa sukses dalam beternak Lovebird? Nah, panduan cara ternak lovebird lengkap berkualitas premium yang akan disampaikan ini semoga bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin mengetahui cara ternak Lovebird yang benar.

Cara Ternak Lovebird Lengkap
Cara Ternak Lovebird Lengkap

Untuk anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Lovebird, anda bisa simak di jenis jenis Lovebird dan harganya.

Panduan Cara Ternak Lovebird Lengkap

Cara Ternak Lovebird Bagi Pemula

Bisakah pemula sukses dalam beternak Lovebird? Tentu saja, semua orang pasti bisa jika memang benar benar mau serius untuk menekuni bidangnya tersebut. Seperti halnya beternak Lovebird, dimana anda harus mengetahui jenis Lovebird, karakteristik Lovebird dan juga kebutuhan burung tersebut. Lantas sebagai pemula, apa yang harus dilakukan pertama kali?

  1. Pahami Jenis Lovebird Yang Anda Miliki : Pertama anda harus memahami jenis Lovebird yang anda ingin budidayakan. Hal tersebut tentunya sesuai dengan keingingan anda dan juga modal anda, karena beda jenis Lovebird juga mempengarungi harga dari burung cantik tersebut.
  2. Karakteristik Lovebird : Anda juga perlu untuk mengetahui karakter Lovebird yang akan anda pilih, dimana yang harus anda usahakan adalah Lovebird tersebut berjodoh. Jangan beli Lovebird tunggal dan anda berusaha menjodohkannya sendiri. Anda juga harus memilih indukan yang memiliki suara bagus dan berusia lebih dari 1 tahun. Untuk pejantan, fisik yang bagus sudah lebih dari cukup.
  3. Kebutuhan Lovebird : Untuk kebutuhan Lovebird, gunakan kandang berukuran 60x44x40cm dan lengkapi pula box sebagai home dalam kandang untuk Lovebird. Berikan makanan yang berkualitas khusus untuk mempercepat masa kawin Lovebird yang sudah banyak terdapat di Toko Burung.

Cara Ternak Lovebird yang Benar

Beternak Lovebird warna memang menjadi hal yang menyenangkan. Bukan hanya terjun sebagai hobi, bahkan bisa merambah ke dunia bisnis. Untuk cara ternak Lovebird yang benar tentunya harus dimengerti bagi para pembudidaya. Langka apa saja yang harus dipahami untuk membudidayakan burung berbulu cantik ini?

  1. Kandang Burung : Untuk anda yang memang sudah paham dan sudah berulangkali mencoba beternak Lovebird tentunya sudah mengerti untuk menggunakan kandang berukuran 60x44x40cm. Jika anda memang masih belum mengerti, anda bisa langsung ke Toko Burung, pastinya sudah tersedia dengan ukuran standart tersebut.
  2. Pemilihan Indukan : Alangkah lebih baik jika anda memilih indukan yang memang sudah matang, yakni bisa dikisaran usia 8 atau 9 bulan. Yang perlu diperhatikan disini adalah, gunakan pejantang yang lebih muda dari indukan. Seperti, jika indukan berusia 9 bulan, maka pilih pejantan yang berusia 8 bulan.
  3. Makanan Berprotein : Berikan Lovebird makanan berprotein, seperti Canary Seed, Jagung dan juga Kangkung Segar. Anda juga bisa menambahkan makanan khusus untuk mempercepat masa kawin burung.
  4. Sape : Proses pemisahan anakan dan indukan juga diperlukan. Langkah yang pertama adalah, pisahkan pejantan terlebih dahulu biarkan indukan dan anakan selama 2 minggu. Setelah 2 minggu, pisahkan indukan dari anakan agar anakan tersebut bisa lebih berkembang.

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Burung Kicau memang selalu menarik perharian para pecinta burung. Yang menjadi rahasia agar ternak Lovebird agar cepat bertelur adalah dengan memberikan pasangan Lovebird lainnya sebagai pemicu. Anda juga harus menggunakan lampu spektrum sebagai pengatur suhu agar stabil diangka 20 cc. Hal ini bisa menjadikan indukan menjadi lebih agresif untuk cepat kawin. Namun jangan lupa istirahatkan burung setiap 10 jam disetiap harinya agar burung tidak strees.

Cara Ternak Lovebird Koloni yang Benar

Cara Ternak Lovebird
Cara Ternak Lovebird Koloni

Untuk cara beternak secara koloni ini apakah dibenarkan? apa tidak membuat burung menjadi strees? Selama menghasilkan apapun bisa dibenarkan. Untuk anda yang memang sudah berpengalaman dan memang sudah memahami karakter burung Lovebird tentunya sudah mengerti proses untuk ternak Lovebird Koloni yang benar.

Sudah banyak yang membuktikan, bahkan ternak Lovebird koloni terbukti bisa mempercepat masa kawin burung dan bertelur lebih cepat. Yang digunakan adalah setiap pasang burung yang memiliki karakter berbeda, misalkan indukan memiliki suara merdu dan pejantan memiliki fisik bagus. Kolaborasi ini yang tentunya bisa menjadikan hasil anakan menjadi super.

Hal yang sama juga bisa anda gunakan untuk beternak Lovebird lutino atau jenis Lovebird lainnya. Yang menjadi simpulan disini adalah jangan paksakan indukan Lovebird untuk kawin, karena semua membutuhkan proses. Jika memang proses perkawinan sudah berlangsung, berikan makanan dan minuman yang bagus untuk menjaga kesehatan burung. Untuk yang terakhir, awali niat anda dengan bissmillah untuk melakukan proses ini.

Semoga berhasil dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *