Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan

Posted on

Satwanesia.comCiri-Ciri Kucing Mau Melahirkan – Apa Ya Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan? Jika anda seorang pemula memelihara atau beternak kucing. Pasti anda sulit melihat bagaimana ciri-ciri kucing mau melahirkan, Nah kita ada beberapa tips mudah mengetahui kucing yang akan segera melahirkan agar anda bisa lebih sigap saat kucing akan melahirkan.

Sebelum beranjak menuju ke pembahasan ciri kucing melahirkan. Bagi pecinta dan penghobi kucing pasti anda akan sangat menyangi dan juga mencintai kucing anda seperti kekasih sendiri. Kucing merupakan hewan yang sangat bersahabat bahkan sangat dekat dengan kehidupan manusia.

Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan
Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan

Selain itu kucing adalah salah satu hewan mamalia yang memiliki nilai ekonomis yang cukup menghasilkan, bahkan jika anda seorang peternak kucing apa lagi kucing berjenis yang mahal harganya anda akan menantikan hasil kawin silang kucing yang anda impikan dan ada beberapa jenis kucing popular di Indonesia yang banyak dicari yaitu Kucing Angora, Kucing Persia, Kucing Maine Coon, Kucing Domestik, Kucing Persia Himalaya, Kucing Hair Excotic, Kucing Russian Blue dan masih banyak lagi. Nah berikut ciri-ciri kucing mau melahirkan.

Ciri Ciri Kucing Mau Melahirkan

Masa Kehamilan Kucing

Sebelum anda melihat secara langsung kucing yang mau melahirkan anda harus tahu dulu tentang teori usia kehamilan kucing. Masa kehamilan kucing yang normal adalah 60 hari atau 2 bulan lebih. Nah pada masa ini anda pasti sudah bisa lebih memperhatikan kucing anda yang akan mulai mengalami perubahan sikap. Dan juga anda bisa memantaunya meskipun ya kucing biasanya bisa melahirkan atau beranak sendiri tanpa dibantu manusia (tanpa adanya kelainan)

Kucing Sudah Mulai Mencari Sarang

Semua mahluk dibumi pasti akan mencari tempat/sarang sebelum melahirkan bayinya. Salah satunya kucing, selain hewan yang sangat peka terhadap keselamatan anak-anaknya. Kucing pasti akan mencari sarang yang aman dan pasti tidak terlihat dari mangsa bahkan juga manusia. Ya biasanya sih dicelah sempit atau di tempat yang dianggap kucing aman dan nyaman.

Kucing Mager (Males Gerak)

Kucing mau melahirkan akan sulit untuk bergerak karena sedang terjadi kontraksi uterus si bunda. Jika kucing anda males gerak nah siap-siap nih pada masa 2 bulan untuk memantau kucing anda.

Menurunnya Nafsu Makan Kucing

Penurunan nafsu makan pasti akan terjadi jika kucing anda akan melahirkan, proses ini terjadi karena betina kucing sedang mual karena terjadinya kontrkasi karena kucing mau melahirkan.

Kucing Sering Mengerang (Mengeong)

Hal ini yang pasti akan anda dengarkan jika kucing anda akan segera melahirkan, kucing akan mengeluarkan suara Ngeong-ngeong secara terus menerus. Nah inilah masa kucing sudah mau melahirkan

Proteksi Berlebihan Jika Ada Kucing Lain

Kucing yang akan melahirkan pasti akan mencari sarang yang aman seperti yang disebutkan di nomor 2. Hal ini juga berlaku sebangsa kucing lho. Kucing lain apa lagi kucing jantan bisa menjadi suatu ancaman saat ankan kucing yang telah dilahirkan. Hal ini anda tahu karena kucing bersifat karnovora. Jadi anda lebih baik melindungi jangan sampai ada kucing jantan maupun betina lainnya mengganggu setelah proses kelahiran anakan kucing.

Pola Napas Berubah

Perubahan pola napas akan terjadi juga pada masa kelahiran yang akan terjadi, dari ciri-ciri kelahiran ini anda harus benar benar jeli dalam mengamati perubahan pola napas si kucing betina. Karena perubahan pola napas yang lebih dari normal atau bisa dibilang lebih cepat bisa mengindikasikan bahwa kucing anda akan segera melahirkan.

Kucing Menjilat Bagian Kelamin

Kucing menjilat dibagian kelamin tidak hanya saat santai, kucing yang menjilat bagian kelaminnya biasanya mengindikasikan jika terjadi kontraksi perut dan akan keluarnya anakan kucing.

Pembesaran Kelenjar Mamae atau Susu

Pembesaran kelenjar susu tidak hanya pada wanita yang akan melahirkan, kucing juga dapat mengalami pembesaran kelenjar susu. Karena hal ini dipengaruhi kontraksi dan juga mempersiapkan saat anakan kucing lahir untuk memberikan nutrisinya.

Keluarnya Air Ketuban

Tidak hanya manusia, kucing yang termasuk hewan mamalia juga mengalami keluarnya ketuban maupun ketuban pecah dini. Nah ini yang perlu anda waspadai masa ini dijamin kucing anda melahirkan lho. Dan kalau mengalami ketuban pecah dini. Silahkan tangani dengan membawa kucing anda ke dokter hewan kepercayaan anda.

Ciri-ciri kucing mau melahirkan diatas yang bisa anda lihat dan juga anda amati. Meskipun kucing melahirkan bisa tanpa bantuan manusia namun pada beberapa jenis kucing hias pasti akan mendapatkan perawatan lebih di bandingkan sama kucing kapung hehe.

Dengan mengetahui ciri-ciri kucing melahirkan maka anda akan lebih bersiap menerima anakan kucing yang anda sedang nantikan.

Nah demikian ulasan yang dapat kami bagikan mengenai ciri-ciri kucing yang mau melahirkan. Semoga ulasan ini bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *