Harga Ayam Pelung Terbaru Lengkap

Posted on

Satwanesia.comHarga Ayam Pelung – Ayam pelung merupakan jenis ayam yang memiliki ras lokal dan berasal dari daerah Cianjur Jawa Barat. Asal muasal ayam ini dipercaya sebagai ayam yang berketururnan dari ayam hutan merah. Ayam pelung mulai dijinakkan pada masa kerajaan yang di Jawa Barat dan dijadikan sebagai ayam hias. Kira-kira untuk ukuran tubuhnya bisa berkisar hingga 8 kg. Pertumbuhan ayam ini juga lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan ayam buras. Suara ayam pelung juga cenderung lebih panjang dan terdengar merdu.

Ayam Pelung ini memang sudah sangat populer di Indonesia bahkan juga hingga ke berbagai mancanegara. Konon pernah ayam ini menjadi dambaan seorang putra kaisar dengan nama Pangeran Naruhito yang berasal dari Jepang. Beliau dikenal sebagai seorang pangeran yang menyukai ayam dengan ras tertentu dan unik. Sehingga kemudian ayam ini dibawa pulang olehnya yang katanya akan dibudidaya dan akan dikembangbiakkan di Jepang.

Harga Ayam Pelung Asli
Harga Ayam Pelung Asli

Harga ayam pelung sendiri juga terbilang cukup mahal dibandingkan dengan harga ayam ras biasa. Hal ini menjadikan lebih besarnya potensi budidaya ayam pelung sebagai bisnis. Nah, untuk anda yang memang ingin mengetahui lebih lanjut seperti apa ayam pelung ini? Simak terus ulasan yang kami buat disini.

Ciri Ciri Ayam Pelung Asli

Ayam pelung memiliki bulu ayam hias pelung memiliki warna merah dan hitam, ada juga warna hijau mengkilat dan putih. Ayam ini biasanya memiliki jengger dan pialnya yang berwarna merah. Sedangkan untuk warna paruh dan kakinya yaitu putih. Selain itu ayam pelung asli mampu menghasilkan telur sekitar 6 – 10 butir dalam sekali bertelur. Untuk berat tekurnya yaitu sekitar 60 gram.

Selain itu untuk ayam pelung jantan memiliki tubuh yang lebih basar, sama halnya dengan ayam lain yang pada umumnya. Untuk berat ayam betina kira-kira 5 kg sedangkan untuk yang jantan yaitu 6 kg per ekor. Semua orang yang memiliki hobi terhadap ayam pelung hias pastinya akan lebih mengenal tentang ciri-ciri yang dimiliki oleh ayam pelung ini. Karena otomatis mereka memiliki koleksi ayam pelung untuk menjadi salah satu koleksi ayam hiasnya.

Jenis jenis Ayam Pelung

Harga Ayam Pelung
Harga Ayam Pelung

Jenis ayam pelung yang berumur 1 bulan biasanya menjadi incaran para penghobi pemula . Harga ayam pelung yang didapatkan akan lebih murah. Ia juga dapat mengetahui proses pertumbuhan dari ayam pelung tersebut. Sedangkan untuk para penghobi yang sudah lumayan lama mengoleksi beberapa jenis ayam hias akan memilih usia 3 bulan. Karena sedikit banyak ia sudah tau bagaimana proses pertumbuhan dari berbagai macam ayam, khususnya untuk ayam pelung.

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh ayam pelung yaitu khas suara kokoknya yang mengalun panjang daripada jenis ayam lainnya. Sedangkan untuk postur tubuh pada ayam ini juga lebih menjulang tinggi. Ciri khas dari ayam pelung Indonesia ini diantaranya yaitu selain badannya yang besar ayam ini memiliki jengger yang besar. Sedangkan untuk warna kakinya yaitu hitam, dan warna pada bulunya yaitu merah, hitam, putih, kuning dan campuran warna hijau yang mengkilat.

Pada umumnya para peminat dari ayam pelung ini yaitu karena ingin menjadikan ayam pelung tersebut untuk diikutkan kontes dari berbagai ayam hias pelung. Mereka cenderung memilih ayam pelung yang sudah dewasa dan memiliki postur tubuh yang lebih besar, dan lebih tinggi. Selain itu tak hanya postur tubuhnya saja melainkan juga untuk suara kokok yang dikeluarkan ayam ini juga dipilih yang merdu dan lebih berirama.

Harga Ayam Pelung Lengkap

Jenis Ayam PelungKategoriHarga
Ayam Pelung Anakan1 BulanRp. 250.000
Ayam Pelung Anakan2 BulanRp. 250.000
Ayam Pelung Anakan3 BulanRp. 350.000
Ayam Pelung Anakan4 BulanRp. 375.000
Ayam Pelung Anakan5 BulanRp. 450.000
Ayam Pelung JantanDewasaRp. 750.000
Ayam Pelung JantanDewasa KontesRp. 1.050.000
Ayam Pelung PutihAnakan 1 EkorRp. 75.000
Ayam PelungBetina 1 Ekor (Dewasa)Rp. 450.000
Ayam PelungJuara 1 EkorRp. 2.050.000
Ayam PelungAsli 1 EkorRp. 850.000

Berikut pembehasan tentang harga ayam pelung sebagai ayam hias bisa jadi hingga ratusan ribu per ekornya. Harga tersebut bisa jadi termasuk harga bibitan maupun harga dewasa tergantung dari khas yang di miliki oleh ayam pelung tersebut. Dan lain lagi jika ayam pelung yang menang untuk kejuaraan kontes biasanya cenderung akan lebih meningkat lagi harganya.

Karena harganya yang mahal di dorong oleh faktor suaranya yang lebih merdu. Jika sudah menang pada ajang perlombaan pastinya akan masuk pada kriteria ayam pelung yang bersuara merdu. Selain merdu suara yang dihasilkan juga lebih panjang. Dan untuk postur tubuhnya pastinya juga akan lebih indah, bagus dan lebih besar. Berikut adalah daftar harga ayam pelung dari yang terkecil hingga dewasa.

Untuk per ekornya jika sudah berumur 1 bulan harganya kira-kira Rp. 200.000. jika umurnya sudah dua bulan maka harganya akan lebih mahal yaitu berkisar hingga Rp. 250.000 satu ekor. Hingga tambah lama akan semakin mahal, hingga untuk usianya yang sudah dewasa yaitu bisa jadi hingga mencapai Rp. 550.000 untuk satu ekornya. Dan ini bukan termasuk harga ayam pelung yang menang kejuaraan kontes, hitungan itu akan lain lagi dan tentunya harganya juga akan lebih mahal dibandingkan harga pada pasarannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *