Harga Burung Cucak Ijo dan Perawatan yang Tepat

Posted on

Satwanesia.comHarga Burung Cucak Ijo – Para penggemar burung terutama kicau mania pasti sudah tidak asing dengan burung cucak ijo. Kicauan dari burung ini sangatlah bervariasi, bahkan burung ijo juga dapat dengan mudah meniru kicauan atau suara burung lain. Apalagi jika Anda dapat melatih burung tersebut dengan baik. Selain memiliki perawatan yang mudah, harga burung cucak ijo juga dapat Anda nego bila Anda menemukan jenis yang tepat. Bagi Anda yang pemula, ada baiknya berbicara tentang harga burung cucak ijo, Anda juga harus mengetahui cara perawatan yang tepat.

Harga Burung Cucak Ijo
Harga Burung Cucak Ijo

Sebagai pemula, terdapat tantangan ekstra yang pastinya akan Anda dapatkan. Karena membuat burung ini memiliki bunyi yang indah, tentu harus memiliki penanganan yang tepat. Anda juga harus dapat membedakan penanganan antara burung cucak ijo mini dan burung pada umumnya. Berikut beberapa tips yang dapat Anda gunakan. Baca Juga : Harga Burung Parkit

Cara Merawat Burung Cucak Ijo

  1. Kandang Yang Nyaman

    Memilih penempatan ataupun sarang yang tepat dan nyaman. Meskipun memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, burung yang nyaman akan memberikan hasil bagus karena burung tidak akan stres. Semakin aktif burung cucak ijo walaupun memiliki harga burung cucak ijo yang tidak seberapa. Namun akan berpengaruh dalam memancing bunyi burung tersebut. Apabila memungkinkan, jangan hanya berikan satu tenggeran saja, minimal dua tenggeran yang dapat digunakan untuk gerak burung cucak ijo Anda. Jangan menyandingkan burung ini dengan burung lain yang memiliki suara lebih kencang. Hal ini karena akan sangat berpengaruh pada munculnya suara burung cucak ijo yang Anda miliki.

  2. Jaga Pakan Burung

    Selalu jaga pakan burung Anda. Burung cucak ijo identik dengan pakan buah dan tentunya serangga. Anda harus selalu menjaga pakan agar memiliki kualitas yang bagus. Buah yang dipakai biasanya pisang kapok putih, dan Anda dapat memberikan jangkrik atau ulat hongkong sebagai serangga yang dapat dikonsumsi burung cucak ijo. Sebagai tambahan dalam makanan burung, Anda juga dapat menambahkan voer atau EF yaitu full extra feeding yang dapat menghindari kegemukan dari burung cucak ijo. Tentu saja kegemukan akan menjadi salah satu faktor yang mengubah suara dari burung. Hal ini memang cukup rumit bagi para pemula, namun Anda harus melakukannya dengan rutin.

  3. Nutrisi Pada Pakan Burung

    Berikan nutrisi makanan sebagai pendamping pakan utama. Apabila Anda ingin memiliki burung cucak yang lincah dan suara lantang atau nyaring, memberikan nutrisi untuk tambahan tenaga juga menjadi solusi agar burung tidak mudah lelah. Selain itu, menjaga nutrisi akan bagus untuk pertumbuhan burung apabila Anda ingin menjualnya kembali dengan harga burung cucak ijo yang tinggi. Biasanya Anda dapat memberikan madu yang Anda oleskan pada pakan buah atau serangga yang sudah Anda persiapkan. Sekali-kali tidak ada salahnya memberikan kroto untuk memberikan asupan nutrisi yang lebih. Tentu saja jangan berikan terlalu banyak, cukup berikan sesuai dengan kebutuhan burung cucak ijo Anda.

  4. Memandikan Burung Cucak Ijo

    Lakukan perawatan kebersihan yang tepat untuk burung cucak ijo. Anda sebagai pemula perlu tahu bahwa burung cucak ijo juga perlu dimandikan dan dijemur dengan waktu yang tepat. Anda dapat menggunakan karamba untuk memandikan burung, namun apabila burung tidak ingin dipaksa, cukup masukkan bak mandi kecil yang Anda letakkan di dalam sangkarnya agar burung bisa mandi dengan bermain air tanpa paksaan. Jemur burung cucak ijo sekitar 1,5 jam di bawah sinar matahari. Namun usahakan bahwa Anda tidak menjemurnya di siang yang sangat panas atau terik.

  5. Pemasteran

    Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah pemasteran. Hal ini ternyata tidak hanya tergantung pada harga burung cucak ijo, namun bagaimana Anda merawat dan melatih burung agar dapat memiliki kicau yang bervariasi. Anda dapat melakukan pemasteran secara rutin agar burung menjadi cepat terlatih.

  6. Istirahatkan Burung

    Hal yang terakhir dan merupakan tantangan bagi pemula tentu saja memberikan waktu istirahat yang Anda tentukan secara rutin. Istirahat yang cukup sangatlah diperlukan agar burung cucak ijo dapat memulihkan energy setelah berlatih. Salah satu cara yang dapat Anda gunakan adalah dengan menutup sangkar dengan kain khusus atau mengerodongnya di waktu malam. Terkadang terdapat beberapa burung yang justru rewel, Anda dapat mematikan lampu di ruangan agar gelap dan membuat burung cucak ijo tetap nyaman.

Hal-hal di atas apabila sudah dilakukan dengan tepat, Anda tentunya akan mendapatkan burung cucak ijo yang memiliki suara indah meskipun tidak membeli dengan harga burung cucak ijo yang mahal. Sebagai pemula, Anda juga harus menemukan master gacor yang terbaik agar burung cucak ijo Anda memiliki suara sesuai dengan harapan Anda.

Ciri Burung Cucak Ijo Berkualitas

Harga Burung Cucak Ijo
Harga Burung Cucak Ijo

Hal yang paling penting juga, dalam memilih burung ini, perhatikan ciri-cirinya. Burung cucak ijo yang berkualitas, memiliki postur tubuh yang serasi, dan ekornya dapat Anda perhatikan akan mengepak ke bagian bawah bukan samping. Suara burung cucak yang merdu juga tergantung pada pemilihan burung dilihat dari paruhnya. Carilah paruh yang cukup panjang dan memiliki tekstur lebih tebal. Apabila burung tersebut dilatih dengan baik, pasti akan menghasilkan suara yang sempurna.

Tambahan lainnya, sebelum Anda menawar harga burung cucak ijo ini adalah perhatikan bagian kuku dari burung. Biasanya kuku burung akan runcing dan cukup bengkok yang diperlihatkan dengan cengkeramannya yang kuat. Lidahnya memiliki warna yang cukup unik yaitu hitam atau warna yang gelap. Meskipun Anda membeli burung yang masih kecil dan belum memiliki kicau yang gacor, burung cucak yang memiliki suara bagus akan menggoyangkan ekornya ketika berkicau kecil, atau bahkan memperlihatkan goyangannya melalui ekor burung tersebut.

Harga Burung Cucak Ijo
Harga Burung Cucak Ijo

Anda jangan heran apabila harga burung cucak ijo Banyuwangi memiliki harga yang cukup tinggi apalagi jika memiliki kelamin jantan. Hal ini karena memang cucak ijo jantan dan kepala yang cepak sering digunakan dalam kompetisi dan memiliki kicau yang indah. Biasanya burung ini juga memiliki bulu yang terlihat mengkilap ketika tertimpa cahaya matahari, terlihat kering dengan sempurna, dan tidak pucat atau terlihat kusam. Penting sekali untuk memastikan bahwa Anda memilih burung yang sehat dan tepat. Perawatan yang baik tentu akan memaksimalkan kualitas dan penampilan dari burung cucak ijo yang akan Anda latih. Berikut ini daftar tabel terkait harga burung cucak ijo yang dapat Anda lihat untuk memastikan budget dan burung mana yang akan Anda pilih.

Harga Burung Cucak Ijo

Burung Cucak Ijo Gacor Harga
Cucak Ijo bodi kecil Muda Leher Kuning Rp. 380.000
Cucak Ijo bodi kecil Muda Leher Kuning Jantan Rp. 450.000
Cucak Ijo Bodi Kecil Nopeng Berekor Rp. 650.000
Cucak Ijo bodi kecil Nopeng Tanpa Ekor Rp. 550.000
Cucak Ijo Muda Leher Kuning Bodi Besar Rp. 450.000
Cucak Ijo Nopeng Tanpa Ekor Bodi Besar Rp. 650.000
Cucak Ijo Trorol Berekor Bodi Besar Rp. 650.000

Sudah banyak sekali kompetisi burung cucak ijo di berbagai daerah. Tidak heran jika akhirnya burung-burung ini semakin banyak dicari meskipun dengan harga yang tinggi. Jenis dari burung cucak juga tergolong cukup banyak yang membedakan harga satu dengan yang lain. Harga juga pastinya akan berbeda apabila Anda menemukan burung dengan kicau yang telah dilatih oleh pemiliknya, maka dari itu Anda harus konsisten, ingin merawat sedari kecil atau cucak dewasa yang sudah memiliki kicau bervariasi. Pastikan bahwa apapun pilihan Anda, perawatan yang baik akan menghasilkan kicauan yang tidak mengecewakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *