Daftar Harga Burung Dara Januari 2019

Posted on

Satwanesia.com – Harga Burung Dara – Indonesia kaya akan berbagai jenis burung yang dapat dipelihara. Burung dara atau biasa dikenal dengan burung merpati merupakan jenis burung yang sudah jamak diketahui dan banyak dipelihara, khususnya di kalangan penggemar burung. Berdasarkan jenisnya, burung dara ini terbagi menjadi burung balap dan burung hias yang tentu saja harga burung dara tersebut berbeda-beda. Selain harga, burung dara yang dikhususkan untuk balap memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dengan burung dara hias. Oleh sebab itu, sebelum membeli pastikan terlebih dahulu burung dara jenis apa yang Anda butuhkan.

Karaketristik dan Harga Burung Dara Balap

Paruh Burung Dara

Burung Dara yang dikhususkan untuk balap memang memiliki karakteristik yang perlu diperhatikan agar bisa diandalkan. Salah satu yang menjadi ciri khas dari burung dara balap berkualitas adalah paruhnya. Perlu diperhatikan bahwa paruh burung dara balap yang bagus adalah paruh yang memiliki ukuran seimbang dengan ukuran kepala burung. Dengan begitu, maka burung akan stabil ketika terbang. Paruh burung dara balap yang bagus biasanya menyerupai bentuk paruh burung pipit atau pun paruh burung elang. Kedua paruh burung tersebut memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, tidak terlalu tebal dan meruncing tajam.

Mata Burung Dara

Selain paruh, hal penting lain yang tidak boleh dilewatkan adalah mata burung dara tersebut. Burung dara yang berkualitas untuk dijadikan burung balap adalah yang memiliki mata berwarna bening dan tatapan yang tajam. Dapat dikatakan bahwa mata burung dara balap yang bagus hampir menyerupai mata burung elang. Selain berwarna bening, warna lain yang mengindikasikan burung dara tersebut berkualitas adalah putih, kuning, kuning cenderung kemerahan, dan juga warna merah. Oleh sebab itu, sebelum membeli burung dara, ada baiknya untuk memperhatikan mata dari mulai warna, bentuk hingga tatapan yang dimiliki oleh mata burung dara tersebut. Semakin tajam tatapannya, maka semakin bagus dijadikan sebagai burung balap. Mengenai masalah harga burung dara untuk balap bervariasi sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kesanggupan.

Kepala Burung Dara

Bagian kepala memang memiliki peran yang penting untuk menentukan kualitas burung dara balap. Apabila Anda ingin mempunyai burung dara balap yang bagus, maka pilihlah burung dara yang cenderung mengerucut ke arah paruh. Bentuk kepala tersebut sangat membantu burung dara ketika terbang sehingga mudah menambah kecepatan.

Sayap Burung Dara

Terkait dengan sayap, maka burung dara yang bagus untuk balap adalah burung dara dengan sayap yang cukup tebal. Selain itu, sayap burung dara tersebut harus menutupi secara rapat keseluruhan badan sebelah kanan serta kiri sehingga kepakan sayapnya penuh dan bertenaga.

Ekor dan Kaki Burung Dara

Meskipun memiliki kemiripan dengan burung perkutut kicau, namun bentuk tubuh burung dara memang agak terlihat lebih besar. Burung dara yang berkualitas untuk dijadikan burung balap juga bisa dilihat dari bentuk ekornya yang tidak terlalu memanjang dan juga tidak terlalu tipis. Selain ekor, kaki burung dara balap juga harus kekar dan kuat.

Beragam Jenis dan Harga Burung Dara Hias

Burung Dara Lahore

Burung Dara Lahore
Burung Dara Lahore

Negara asal dari burung dara hias ini adalah Pakistan, dan di negara asalnya burung ini dikenal dengan Shiraz. Adapun ciri khas dari burung dara Lahore ini adalah perpaduan antara warna putih dan warna hitam yang indah. Warna hitam muncul pada bagian atas dari mulai kepala hingga ekor burung sedangkan warna putih muncul pada bagoan bawah dari mulai bagian sekitar mata hingga ujung ekor. Walaupun berasal dari Pakistan namun sudah banyak peternak lokal yang mengembangbiakkan Lahore ini. Daya tarik lain adalah bulu burung ini cukup lebat dan lembut bahkan sampai menyelimuti bagian kaki. Selanjutnya, harga burung dara Lahore ini juga bervariasi dalam kisaran ratusan ribu.

Burung Dara Gondok

Burung Dara Gondok
Burung Dara Gondok

Burung hias memang memiliki bentuk dan perpaduan warna yang cantik dipandang sehingga tidak heran apabila harga burung dara hias tergolong mahal. Salah satu burung dara hias impor yang dibandrol hingga jutaan adalah burung dara Gondok. Seperti namanya, burung ini memiliki tampilan seperti orang yang terkena penyakit gondok karena bagian leher burung ini memiliki ukuran yang lebih besar serta menonjol. Hal tersebut bukanlah suatu penyakit melainkan keunikan yang dimiliki oleh burung dara ini sehingga tidak heran burung jenis ini banyak digemari oleh penggemar burung dara hias. Selain bentuknya yang unik, warna burung dara ini pun cukup menarik yakni didominasi oleh warna putih bersih. Adapun warna lain yang berpadu dengan warna putih tersebut biasanya adalah hitam dan kuning.

Burung Dara Kipas

Burung Dara Kipas
Burung Dara Kipas

Harga burung dara jenis lain yang terbilang mahal adalah burung dara Kipas. Tidak bisa dipungkiri bahwa burung dara ini memiliki tampilan yang sangat menarik disebabkan oleh bentuk ekornya menyerupai kipas. Ekor yang mengembang sempurna ditambah dengan perpaduan warna hitam dan abu yang elegan membuat burung ini banyak dikoleksi. Namun, perlu diketahui bahwa burung dara kipas ini tidak mau mengasuh anaknya sendiri sehingga harus diasuh oleh induk lainnya. Bagaimana, unik bukan?

Burung Dara Polish Helmet

Burung hias yang indah dilihat mata selanjutnya berasal dari Polandia, burung dara Polish Helmet. Warna burung ini didominasi oleh warna putih bersih pada bagian dada hingga kedua sayap. Namun, pada bagian ekor dan ujung kepala, burung Polish Helmet ini dilekati oleh warna lain. Bagian ujung atas kepala yang memiliki warna lain inilah yang membuat burung ini seakan memakai helm. Harga burung dara jenis ini pun bervariasi sehingga Anda perlu pandai-pandai dalam memilih dari mana Anda akan membelinya.

Burung Dara Nun Pigeon

Burung Dara Nun Pigeon
Burung Dara Nun Pigeon

Jenis burung dara hias yang memiliki warna menarik lainnya adalah Nun Pigeon. Burung ini didominasi oleh warna putih bersih pada bagian dada dan sayapnya. Selanjutnya, pada bagian kepala dan ekornya memiliki warna yang berbeda. Adapun warna yang biasa dijumpai adalah warna coklat tua dan coklat muda. Selain warna, daya tarik dari Nun Pigeon ini juga terletak pada bagian kepala. Keunikan lain dari burung ini adalah kemampuannya untuk terbang sehingga tidak heran apabila harga burung dara ini dibandrol tidak murah.

Burung Dara Jacobin Pigeon

Burung Dara Jacobin Pigeon
Burung Dara Jacobin Pigeon

Burung dara hias yang terkenal indah ini memiliki nama Jacobin Pigeon. Adapun ciri khas yang membuatnya menawan adalah adanya bulu-bulu halus nan tinggi yang mengitari bagian kepala Jacobin Pigeon. Biasanya, Jacobin Pigeon didominasi oleh warna kecoklatan yang berpadu dengan warna putih tulang atau pun kekuningan.

Masih banyak lagi jenis burung dara hias dengan karakteristik tertentu yang bisa Anda koleksi. Burung hias semacam ini memang indah dipandang namun jangan sampai lupa untuk merawatnya dengan baik karena jenis burung dara hias tertentu memerlukan perawatan yang khsuus pula. Selanjutnya, agar bisa memberikan informasi lebih mengenai harga burung dara murah berbagai jenis, berikut daftar yang bisa Anda jadikan referensi awal:

Daftar Harga Burung Dara

Jenis Burung Dara Harga
Burung Dara Putih Rp. 550.000
Burung Dara Pos Rp. 550.000
Burung Dara Sepasang Tinggian Rp. 1.050.000
Burung Dara Juara
Rp. 1.550.000 – Rp. 2.050.000
Burung Dara Biasa Rp. 150.000 – Rp. 250.000
Burung Dara Kolongan Rp. 450.000 – Rp. 750.000
Burung Dara Hias Rp. 550.000 – Rp. 3.050.000
Burung Dara Balap Rp. 550.000 – Rp. 750.000
Burung Dara Tinggi Rp. 550.000 – Rp. 750.000
Burung Dara Kipas Rp. 750.000 – Rp. 950.000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *