Jenis, Cara Merawat, dan Harga Burung Hantu

Posted on

Satwanesia.comHarga Burung Hantu – Burung menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai. Ada banyak jenis burung yang dapat dipelihara. Walaupun kebanyakan orang memelihara burung untuk dinikmati keindahan suaranya, ada juga yang memelihara burung karena keunikannya. Salah satunya adalah dengan memelihara burung hantu. Burung hantu berbagai jenis dijual bebas sesuai izin. Harga burung hantu sendiri yang utama dipengaruhi oleh jenisnya. Semakin langka, maka akan semakin mahal.

Harga Burung Hantu
Harga Burung Hantu

Harga burung tersebut juga dipengaruhi oleh umurnya dan apakah dijual sepasang atau satu-satu. Karena banyaknya faktor yang mempengaruhi. Kita sebagai orang yang ingin memiliki peliharaan burung hantu juga harus pandai memilih dan mengerti jenis serta cara pemeliharaannya. Hal ini karena pemeliharaan yang baik dan benar sangat diperlukan agar burung hantu dapat hidup lama. Terlebih lagi agar burung hantu tidak mudah stress serta mati. Nah, berikut adalah ulasan mengenai jenis dan cara perawatan burung hantu sekaligus daftar harga burung hantu. Baca Juga : Harga Burung Nuri

Jenis Burung Hantu yang Dipelihara

Ada banyak alasan yang membuat kita ingin memiliki peliharaan burung hantu. Misalnya tertarik karena ingin memiliki burung hantu harry potter seperti yang pernah kita lihat di film. Ada juga yang tertarik karena keunikannya, dan berbagai alasan lainnya. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ada banyak faktor yang mempengaruhi harga burung hantu. Salah satu faktor yang mempengaruhi harga burung hantu adalah jenisnya. Berikut adalah beberapa jenis burung hantu favorit yang dapat Anda temukan di pasaran.

Tyto Alba/Serak/Barn Owl

Burung Hantu Tyto Alba
Burung Hantu Tyto Alba

Jenis burung hantu pertama yang menjadi favorit adalah jenis urung hantu tyto alba. Burung hantu jenis ini memiliki ciri khusus yang sangat khas. Anda mungkin pernah melihatnya di televisi atau melihatnya secara langsung. Burung hantu jenis ini memiliki wajah putih berbentuk hati sehingga tampak seperti topeng. Selain jenis, bisa jadi harga burung hantu juga ditentukan oleh ukuran. Burung hantu jenis tyto alba ini merupakan burung hantu yang memiliki ukuran besar. Adapun kisaran ukurannya adalah 34 cm. Warna bulu dominannya adalah putih yang biasanya dikombinasikan dengan warna kuning, kecokelatan, dan atau bercak dengan warna hitam atau cokelat. Selain dipelihara karena kecantikannya, burung hantu jenis ini menjadi sangat populer di Indonesia karena dapat digunakan sebagai pengendali hama. Hal ini karena burung hantu jenis ini memiliki mangsa alami tikus sawah. Memelihara burung hantu jenis ini dapat dijadikan sebagai pengendali tikus hama di sawah.

Bubo Sumatranus/Barred Eagle Owl/Hingkik

Jika tyto alba masuk dalam jenis burung hantu ukuran besar. Burung hantu jenis ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar dan memiliki badan kekar. Bubo sumatranus memiliki ukuran sampai dengan 45 cm dengan bulu yang memiliki warna dasar putih. Warna tersebut ditutupi dengan bintik-bintik perpaduan hitam dan abu. Pada bagian perut, bintik memiliki pola membentuk garis-garis selang seling. Burung hantu jenis ini tampak gagah karena selain ukurannya yang besar, bentuk tubuhnya juga kekar dengan paruh kuning yang tajam.

Bubo Ketupu/Ketupa Ketupu/Buffy Fish Owl

Burung Hantu Bubo Ketupu
Burung Hantu Bubo Ketupu

Sama halnya dengan bubo sumatranus, burung hantu jenis ini juga memiliki ukuran yang sangat besar dengan kisaran ukuran 45 cm. Hal yang membuat burung hantu ini menarik adalah kesan seperti burung hantu bertanduk. Hal ini karena bubo ketupu memiliki jumbai pada bagian telinga yang sangat terlihat. Hal ini membuat tampilan wajahnya sangat unik. Warna burung hantu jenis ini adalah cokelat menuju krem. Warna dasar bulu burung hantu jenis ini tampak lebih cantik dengan kehadiran corak vertikal berwarna hitam. Keunikan juga menjadi salah satu faktor penentu harga burung hantu seperti halnya keunikan yang dimiliki bubo ketupu ini.

Celepuk/Scops Owl

Jika Anda ingin memiliki peliharaan burug hantu yang memiliki ukuran tidak terlalu besar, Anda bisa memelihara burung hantu jenis ini. Jenis celepuk termasuk jenis burung hantu mungil dengan ukuran badan hanya mencapai 19 cm saja. Celepuk sendiri menjadi salah satu burung hantu favorit karena selain ukurannya yang mungil, tersedia juga banyak jenis yang menawan hati. Beberapa jenis celepuk diantaranya adalah celepuk gunung, celepuk merah, celepuk rajah, celepuk berkerah, dan sebagainya. Berbagai jenis tersebut tentunya memiliki keunikan tersendiri seperti keunikan pada warna, corak, dan lainnya. Yang membuat burung hantu jenis ini menjadi salah satu burung hantu yang menarik untuk dipelihara. Hal yang menjadi ciri khas utama burung hantu jenis ini adalah ukurannya yang mungil dan jumbai yang ada di bagian telinga serta kepalanya.

Phodilus Badilus/Bay Owl/Wowo Wiwi

Burung Hantu Phodilus Badilus
Burung Hantu Phodilus Badilus

Bay owl adalah burung hantu yang memiliki ukuran medium sampai besar dengan postur yang menyerupai tyto alba. Hal yang membuatnya berbeda adalah warnanya. Jika tyto alba memiliki warna yang dominan putih, bay owl ini memiliki warna dominan cokelat dan kemerahan. Selain itu, untuk beberapa jenis tertentu, burung hantu ini juga memiliki jumbai di area telinga.

Cara Memelihara Burung Hantu

Seperti halnya memelihara hewan peliharaan lainnya, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan selain harga burung hantu. Seperti pakan, kandang, dan sebagainya. Burung hantu berbeda dengan burung kicau, maka perlakukan pemeliharaan pun akan berbeda. Sebagai burung yang cukup cerdas, pola pemeliharaan kita sebaiknya membuatnya layaknya partner bukan hanya sekadar hewan peliharaan seperti halnya burung kicau. Burung hantu memerlukan perhatian yang lebih dari pemiliknya, tidak hanya sekadar memberi makan dan membersihkan kandangnya saja. Interaksi dan bonding dengan pemilik menjadi hal yang sangat penting. Sapaan dan belaian menjadi hal wajib Anda lakukan untuk membuatnya merasa nyaman.

Selain itu, burung hantu juga bukan tipe burung sangkar. Berada di dalam sangkar akan membuatnya stress. Jadi, letakkan burung hantu pada tenggeran agar membuatnya merasa nyaman. Tenggeran akan membuat burung hantu merasa lebih nyaman sehingga proses menjinakkannya pun akan semakin mudah. Pemberian pakan juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Ada beberapa jenis burung hantu yang tidak terlalu pilih makanan seperti jenis celepuk, sehingga perawatannya mudah, ada juga burung hantu yang butuh perlakukan khusus seperti halnya tyto alba. Porsi yang tepat dan secukupnya akan membuat burung hantu sehat. Pemberian pakan yang teratur dengan porsi pas menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Sebaiknya tidak memberikan pakan daging olahan, ayam, dan lele karena biasanya sudah terpapar zat kimia seperti zat yang mempercepat pertumbuhan sehingga tidak baik untuk kesehatan burung.

Perhatian menjadi kunci utama agar sukses menjinakkan burung hantu dan memeliharanya. Harga burung hantu yang mahal akan menjadi sia-sia jika Anda tidak dapat memeliharanya dengan baik bukan? Anda harus mengetahui pola pemeliharaannya. Satu yang tidak boleh Anda lupakan adalah burung hantu merupakan hewan nocturnal, sehingga aktif pada malam hari. Bagi Anda yang penasaran, berikut daftar harga dari burung hantu berbagai jenis.

Harga Burung Hantu Lengkap

Jenis Burung Hantu Harga
Burung Hantu Barn Owl Rp. 300.000
Burung Hantu Brown Hawk Owl Rp. 600.000
Burung Hantu Bubo Sumatranus Rp. 1.250.000
Burung Hantu Buffy Fish Owl Rp. 800.000
Burung Hantu Celepuk Rp. 130.000
Burung Hantu Javan Owlet Rp. 370.000
Burung Hantu Oriental Bay Rp. 350.000
Burung Hantu Strix Seleputo Rp. 550.000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *