Harga Burung Jalak Suren Terbaru 2018

Posted on

Satwanesia.comHarga Burung Jalak Suren – Hewan adalah salah satu makhluk ciptaan Tuhan. Kita sebagai manusia, ciptaan Tuhan yang paling sempurna harus ikut menjaganya dan menghargai keberadaannya. Maka tidak jarang, banyak orang yang mencintai hewan tertentu dan membuatnya menjadi hewan peliharaan. Ada yang suka memelihara anjing, kucing, ayam atau bahkan burung sekalipun. Salah satu jenis burung yang bisa dijadikan hewan peliharaan adalah jalak suren. Jika Anda bertanya mengenai harga burung jalak suren, tentu saja tidak semahal burung macaw yang bisa sampai ratusan juta Rupiah. Ciri khas yang ada pada burung jalak suren adalah suaranya yang melengking indah. Itulah kenapa banyak orang yang menginginkannya. Selain itu, burung ini juga sering diadu pada perlombaan kicau burung.

Harga Burung Jalak Suren
Harga Burung Jalak Suren

Meski harga burung jalak suren tidaklah semahal burung macaw, jika Anda mengembangbiakkan menjadi ternak burung ini, hasilnya cukup lumayan. Apalagi jika burung jalak suren yang Anda miliki telah mengikuti banyak kompetensi di berbagai perlombaan, nanti harga jalak suren tersebut bisa sangat menguntungkan bagi pemiliknya. Jalak memang dikenal dengan suara kicauannya yang lantang. Dan burung ini juga memiliki beberapa jenis lain yang bisa Anda miliki. untuk bisa memiliki burung jalak suren tidaklah sulit. Di pasar-pasar burung, tentu burung jenis ini sudah banyak yang jual dengan berbagai variasi harga. Rata-rata untuk harga jalak suren yang biasa, tidak sampai jutaan. Baca Juga : Harga Burung Perkutut

Memilih Burung Jalak Suren

Jalak Suren memang jenis burung yang dikenal dengan ciri khas kicauannya yang begitu baik dan juga keras. Beberapa tempat di daerah Indonesia juga ada yang sering mengadakan kompetensi kicauan burung jalak suren yang diselenggarakan dalam beberapa waktu sekali. Di tempat kompetensi inilah, nantinya harga burung jalak suren akan bisa ditentukan jika burung yang Anda miliki bisa memenangkan kompetensi. Burung ini memiliki beberapa jenis yang berbeda dan juga turunan dari burung jalak terdahulu. Biasanya burung jalak suren akan dinamai sesuai dengan daerah asalnya. Rata-rata orang di Indonesia sangat menyukai burung jalak yang berasal dari Jawa dan Kalimantan.

Kedua burung tersebut mempunyai beberapa perbedaan yang mencolok, jadi yang membelinya tergantung dari selera masing-masing. Dinilai dari harga burung jalak suren keduanya, jelas sekali ada perbedaan. Bisa saja yang jalak dari Jawa harganya bisa lebih mahal atau sebaliknya. Yang membedakannya lagi juga suaranya yang nyaring dan gacor dari kedua jenis burung tersebut juga memiliki tingkat suara yang berbeda pula. Biasanya jalak suren Jawa akan sangat dicari untuk sebuah ajang kompetensi. Jika Anda adalah orang yang baru mengenal tentang burung jalak suren, berikut macam-macam jalak dan harganya.

Jenis Jenis Burung Jalak

  1. Burung Jalak Suren

    Burung Jalak Suren
    Burung Jalak Suren

    Di atas kita sudah membahas mengenai jalak suren. Jalak ini adalah salah satu jenis jalak yang banyak dimiliki oleh orang-orang yang suka memelihara burung. Untuk ciri khas warnanya, burung ini memiliki warna gelap, yaitu hitam. Dengan sedikit ada corak putih di sayapnya. Burung ini sangat sering kita temui di kompetensi-kompetensi kicauan burung yang sering diadakan. Burung ini banyak yang berminat karena memang harga burung jalak suren yang murah. Dengan uang 250 ribu Rupiah saja, Anda sudah bisa memiliki jalak suren ini.

  2. Burung Jalak Bali

    Burung Jalak Bali
    Burung Jalak Bali

    Tentu kalian tidak asing, bukan dengan jenis burung Jalak Bali? Jalak Bali ini memang sama seperti jalak Suren yang bisa dijadikan burung untuk diajak pada kompetensi-kompetensi yang sering diadakan. Jalak Bali ini sangat terkenal dan juga pernah menjadi pokok bahasan di pelajaran yang ada di sekolah. Burung ini juga memiliki nama latin Leucopsar Rothschildi. Seperti dengan namanya, burung ini memang berasal dari Bali. Dibandingkan dengan jenis jalak lain, burung jalak Bali memiliki warna putih yang cerah. Untuk harganya, cukup mahal dibandingkan dengan harga burung jalak suren yaitu sekitar, 5 juta hingga 15 juta Rupiah.

  3. Burung Jalak Nias

    Burung Jalak Nias
    Burung Jalak Nias

    Berbeda dengan jalak suren dan juga jalak Bali, jalak Nias ini habitatnya lebih sedikit untuk saat ini. Memang, untuk habitat, burung yang memiliki nama lain jalak ungu ini berada di pegunungan dengan ketinggian 3000 meter. Sehingga jika dibawa ke dataran rendah, burung jalak Nias akan merasa kaget dan belum terbiasa dengan lingkungannya. Maka dari itu, di pasar-pasar burung, untuk keberadaan jalak Nias sekarang sudah mulai menipis. Jika adapun, harganya juga cukup mahal.

Memelihara seekor atau beberapa ekor hewan, tentu butuh perhatian khusus dan benar-benar harus merawatnya dengan baik jika sudah berniat untuk memeliharanya. Termasuk juga jika Anda membeli dan memelihara burung suren ini. Meski harga burung jalak suren tidak terlalu mahal dan perawatannya tidaklah sulit, jika Anda tidak rajin untuk merawatnya, tentu uang yang Anda keluarkan sia-sia dan malah menyiksa burung tersebut. Mungkin bagi pemula, untuk merawat burung suren akan sedikit merepotkan. Akan tetapi, berikut ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa merawat burung ini.

Cara Merawat Burung Jalak Suren

  1. Untuk langkah pertama, jika Anda baru pertama kali membeli burung tersebut, jinakan burung jalak suren terlebih dahulu. Karena mungkin di lingkungan yang baru dan di dalam sangkar, burung itu akan mudah stress. Jadi jika sudah jinak, nanti ke depannya akan mudah untuk beradaptasi.
  2. Berikanlah makan-makanan yang bagus untuk burung ini. Jika Anda memberinya makanan yang baik, bisa membuat burung jalak suren Anda bersuara gacor. Biasanya untuk makanan, rata-rata memberinya buah-buahan dan juga sayuran. Jangan lupa untuk memberinya vitamin agar suaranya jernih dan tubuhnya terlihat sehat.
  3. Bersihkanlah kandang atau sangkar burung jalak suren Anda secara rutin setiap hari. Karena jalak suren akan sering makan, maka tentu saja untuk kotorannya akan sangat banyak. Bila dibiarkan saja, akan menambah virus serta bakteri yang akan menyerang burung Anda tersebut. Janganlah meletakkan burung jalak suren Anda pada sangkar yang sempit pula.
  4. Mandikan burung jalak suren Anda. Tidak hanya manusia saja yang harus mandi, jalak suren juga harus dimandikan agar terlihat bersih dan segar. Anda bisa memandikannya dengan cara menyemprotnya. Itu adalah metode termudah untuk memandikan jalak suren Anda. Atau bisa juga memindahkannya pada sangkar yang berisi wadah yang ada airnya. Lakukanlah secara rutin minimal 2 hari sekali sekitar pukul 8 pagi, setelah itu jemur jalak suren Anda.
  5. Jauhkanlah burung jalak suren Anda dari pengganggu. Misalnya saja di tempat-tempat yang ada suara memekakan telinga dn juga keributan. Karena itu akan membuat si jalak menjadi stres.

Harga Burung Jalak Suren Lengkap

Lakukanlah perawatan tersebut secara rutin dan jangan malas untuk merawatnya jika sudah memeliharanya. Akan sangat sayang kalau Anda malas untuk merawatnya dan membuatnya mati. Jika Anda berminat untuk memiliki satu di rumah, berikut ada referensi harga burung jalak suren yang mungkin bisa membantu Anda jika ingin membelinya.

Jenis Burung Jalak Suren Harga
Jalak Suren Bakalan Atau Bahan Rp. 335.000
Jalak Suren Gacor Rp. 1.455.000
Jalak Suren Jawa Gacor Rp. 875.000
Jalak Suren Jawa Jinak Rp. 705.000
Jalak Suren Lokal Rp. 505.000
Jalak Suren Lokal Anakan Rp. 355.000
Jalak Suren Malaysia Rp. 355.000
Jalak Suren Malaysia Siap Budidaya Rp. 655.000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *