Harga Burung Kacer dan Jenis-Jenisnya

Posted on

Satwanesia.comHarga Burung Kacer – Burung kacer termasuk dalam salah satu jenis burung hias serta burung kicau dengan jumlah penggemar yang cukup banyak. Burung ini berasal dari alam bebas seperti perkebunan, hutan, ladang serta padang rumput. Namun, populasi burung ini kian menipis karena makin banyak yang memburunya untuk dijual di pasaran. Harga burung kacer memang tergolong tinggi sehingga tidak heran jika banyak orang ingin menjualnya. Pemburu liar yang bebas berkeliaran membuat populasi burung ini makin berkurang dan dikhawatirkan akan menuju kepunahan. Tak perlu khawatir karena kini sudah banyak penggemar kicau mania yang turut membudidayakan burung kacer serta melestarikannya. Event burung kacer juga terus digalakkan sebagai upaya dalam mempertahankan populasi burung ini dalam jangka waktu lama.

Harga Burung Kacer
Harga Burung Kacer

Burung kacer sendiri terdiri dari aneka jenis. Harga burung kacer biasanya akan berbeda sesuai jenisnya masing-masing. Tiap jenis burung ini terutama memiliki keunikan masing-masing dari segi warna bulu hingga karakter suara. Perawatan burung kacer sendiri akan dibutuhkan ketelatenan serta kesabaran ekstra. Langkah-langkah perawatan yang benar akan memberi efek positif pada burung dan berimbas pada umur yang lebih panjang. Sementara kesalahan pada perawatan justru akan memberi efek tidak baik. Di Indonesia sendiri, setidaknya ada dua jenis burung kacer yang cukup diminati, keduanya ialah Kacer Jawa serta Kacer Poci. Walau demikian, masih banyak jenis-jenis burung kacer lain yang tak kalah diminati. Baca Juga : Harga Burung Jalak

Jenis-jenis Burung Kacer Lengkap

Burung Kacer Poci

Burung ini disebut juga sebagai Kacer Sumatra. Nama latinnya ialah Copsychus saularis. Ciri Kacer Poci yang paling kentara ialah bagian dada, perut serta bawahnya dilengkapi tekstur putih terang. Hal ini membedakannya dengan Kacer Jawa yang warnanya hitam. Dari segi suara, Kacer Poci memiliki karakteristik suara lantang serta keras. Ia juga bisa menirukan aneka suara master burung.

Burung Kacer Jawa

Burung Kacer Jawa
Burung Kacer Jawa

Nama latin dari jenis kacer ini ialah Copsychus sechellarum. Ciri yang menonjol ialah warna hitam pada perut, dada serta bagian bawah. Di bagian sayapnya sendiri terdapat sedikit warna putih. Kacer Jawa termasuk jenis kacer yang mahir dalam menirukan suara kicauan burung lain. Hanya saja, kicauan dari jenis ini lebih sederhana sehingga harga burung Kacer Jawa tak setinggi Kacer Poci.

Burung Kacer Madagascar

Tekstur warna dari Kacer Madagascar sekilas mirip Kacer Poci. Bedanya, warna gelap pada Kacer Madagascar lebih tampak kebiru-biruan. Jika terkena sinar matahari, warna biru pada Kacer Madagascar akan terlihat semakin jelas. Sesuai namanya, jenis kacer ini berasal dari Madagascar. Walau demikian, karakter suara Kacer Madagascar tak jauh beda dengan jenis kacer yang asli dari Indonesia.

Burung Kacer Blorok

Burung Kacer Blorok
Burung Kacer Blorok

Kacer Blorok memiliki motif warna yang tampak khas serta berbeda dari jenis kacer lainnya. Warna blorok dari kacer ini turut menjadi ciri khas serta menambah keunikannya. Tidak heran jika harga burung Kacer Blorok cukup tinggi. Penangkar berpendapat bahwa warna unik dari Kacer Blorok didapat dari persilangan kacer hitam putih serta kacer Jawa. Dari segi suara, Kacer Blorok memiliki suara lantang serta merdu.

Burung Kacer Kalimantan

Burung Kacer Kalimantan
Burung Kacer Kalimantan

Terdapat beberapa jenis Kacer Kalimantan yang telah terbagi dalam beberapa spesies serta ras, sebut saja mulai dari ras Copsychus solaris musicus, Pluto, Adamsi dan lain-lain. Ras pertama dari Kacer Kalimantan memiliki dominan warna putih serta hitam terutama di bagian perut serta dada. Sementara ras kedua, ciri-cirinya adalah bulu hitam pekat serta sedikit tambahan warna putih. Penyebaran jenis burung ini ialah Kalimantan Barat, Kalimantan Utara serta Kalimantan Timur. Walau nama burung ini memiliki unsur Kalimantan, namun penyebarannya telah sampai di Nias, Bali hingga Bangka Belitung..

Ciri Khas Burung Kacer

Burung kacer dikenal mampu tinggal hingga di ketinggian 1000 meter di atas permukaan air laut. Bahkan, tidak jarang terlihat burung kacer yang melintasi perumahan warga. Ini karena kebiasaan hidup dari burung kacer ialah menjelajah lingkungan dengan kecepatan tinggi saat terbang, bahkan dengan kecepatan melebihi burung murai batu yang masih menjadi kerabat sekaligus kompetitornya. Jika dilihat dari jauh, burung kacer akan tampak seperti seekor burung hitam legam serta berekor panjang. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur, burung kacer umum disebut sebagai Srintil. Burung ini aktif mencari makanan di pohon pisang, pohon kelapa, ranting pohon dan lain-lain.

Burung ini sekilas akan tampak menyendiri, walau sebenarnya ia akan mulai terus hidup dengan pasangannya ketika musim kawin datang. Harga anakan kacer sepasang bisa ditemukan di pasaran selain harga burung kacer yang dijual satuan. Penyebaran burung ini sendiri nyaris di seluruh jenis lingkungan. Namun, burung kacer terutama banyak ditemukan di daerah yang dekat pemukiman penduduk. Jika kita hendak memelihara burung ini atau membudidayakannya, maka perlu kita ketahui ciri-ciri dari burung kacer yang masih fit serta bagaimana perawatan yang benar. Perawatan harian akan sangat dibutuhkan terutama pakan bergizi sehingga kondisinya bisa selalu dalam keadaan prima.

Harga Burung Kacer Sudah Jadi

Harga burung kacer sendiri akan lebih tinggi jika kondisinya masih fit. Tanda-tanda burung kacer yang fit di antaranya ialah gerakan yang lincah, bulu-bulu tampak mengkilap serta rajin berbunyi. Burung kacer dengan nafsu makan serta minum baik akan menandakan bahwa kondisinya masih fit dan kondisi fisiknya baik. Sebaliknya, bulu yang kusam serta jarang berbunyi ataupun tidak aktif bergerak akan menandakan burung itu sedang sakit dan ada yang tidak beres padanya. Hal ini bisa terjadi karena asupan gizi yang kurang. Burung kacer yang tidak fit tentu akan lebih rendah sehingga bisa saja malah merugikan kita. Solusi yang bisa diambl ialah menambahkan sedikit saja kroto pada makanan burung kacer.

Postur tubuh burung ini tampak gagah serta pemberani. Ia juga termasuk jenis burung yang gemar bertarung atau burung petarung. Tidak jarang burung kacer akan diikutkan dalam event atau perlombaan tertentu. Tidak hanya di tingkat daerah, namun kicauan burung kacer juga telah sampai di perlombaan tingkat nasional. Karakter suara burung kacer memang unik sehingga banyak menarik perhatian orang terutama dewan juri pada perlombaan kicauan burung kacer. Sudah tentu harga burung kacer yang pernah memenangkan perlombaan ini akan lebih tinggi.

Harga jual dari burung kacer sendiri akan dibedakan sesuai jenisnya. Beberapa jenis tertentu dibanderol lebih tinggi mengingat kelangkaannya, ciri-ciri fisik yang menjadikannya unik hingga karakteristik suara yang khas. Perubahan harga dari burung kacer tiap tahunnya terbilang stabil dan tidak dalam jumlah yang terlalu signifikan. Namun, hampir bisa dipastikan bahwa burung kacer jantan memiliki harga lebih tinggi dibanding burung kacer betina. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar lengkap harga burung kacer di pasaran dari beragam jenis yang berbeda.

Harga Burung Kacer Lengkap

Jenis Burung Kacer Harga
Burung Kacer Jawa Jadi Rp. 1.250.000
Burung Kacer Jawa Trotolan Rp. 500.000
Burung Kacer Muda Trotolan Hasil Ternakan (Jantan) Rp. 500.000
Burung Kacer Betina Muda Rp. 260.000
Burung Kacer Betina Usia 1 Tahun Rp. 350.000
Burung Kacer Betina Siap Ternak Rp. 360.000
Burung Kacer Putih Ngriwik Dan Ngeplong Rp. 655.000
Burung Kacer Putih Gacor Rp. 800.000
Burung Kacer Putih Trotolan Muda Hutan (Jantan) Rp. 450.000
Burung Kacer Putih Trotolan Makan Voer (Jantan) Rp. 555.000
Burung Kacer Putih Sudah Masuk Kelas Kontes Rp. 1.000.000
Burung Kacer Hitam Trotolan Rp. 400.000
Burung Kacer Hitam Ngoceh Rp. 600.000
Burung Kacer Poci Trotolan Rp. 300.000
Burung Kacer Poci Trotol Rp. 130.000
Burung Kacer Poci Jadi Rp. 1.000.000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *