Harga Burung Merpati Putih dan Cara Perawatannya

Posted on

Satwanesia.comHarga Burung Merpati Putih – Kerap sekali kita melihat gambar sepasang Merpati Putih dalam suatu desain undangan pernikahan, ucapan ulang tahun, ucapan pernikahan, desain interior, lukisan bahkan patung untuk menandakan kasih sayang dan cinta yang suci dari seseorang. Burung merpati termasuk burung yang setia. Dia akan berkembang biak dan menghasilkan peranakan dari buah cintanya dengan pasangannya.

Berbeda dengan hewan ataupun burung lain yang kebanyakan berganti-ganti pasangan untuk berkembang biak, merpati adalah burung yang setia terhadap pasangannya. Pasangan burung merpati biasanya satu untuk seumur hidupnya. Burung Merpati adalah burung yang tidak memiliki empedu. Ini diartikan bahwa merpati tidak menyimpan kepahitan-kepahitan dalam tubuhnya. Filosofinya, Merpati Putih memiliki makna bahwa seseorang yang tidak memendam kepahitan dalam hidupnya, berarti dia adalah orang yang tidak menyimpan dendam terhadap siapapun. Itulah fakta mengenai burung Merpati Putih.

harga burung merpati putih
Harga Burung Merpati Putih

Burung Merpati Putih ini merupakan salah satu jenis burung yang jika diliarkan atau dilepas, mereka akan kembali ke kandangnya sendiri. Burung jenis ini termasuk jenis burung yang mudah untuk dirawat. Sebelum Anda beternak burung merpati ini, sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu tentang trik beternak burung merpati, cara merawatnya dan harga Burung Merpati Putih tersebut. Lalu sebaiknya Anda pun menentukan induk burung merpati dengan kualitas yang unggul. Ini dimaksudkan agar Anda dapat menghasilkan keturunan burung merpati dengan kualitas yang unggul pula dan bahkan bisa mendapatkan keuntungan.

Cara Merawat Burung Merpati Putih

Pilih Merpati yang Sehat Sebelum Membelinya

Tips pertama dalam merawat burung Merpati Putih adalah Anda harus membeli burung merpati yang sehat. Adapun ciri burung merpati yang sehat salah satunya yaitu burung tersebut memiliki bulu yang bagus, pada bagian ujung sayap burung merpati ini tidak turun. Selain itu jika burung merpati tersebut sehat maka saat ditangkap dengan tangan, akan ada reaksi atau perlawanan yang kuat dari burung tersebut. Karena Merpati Putih selalu hidup berjodoh, maka Anda juga harus memilihkan pasangan yang sehat.

Jika Berniat Untuk Ternak, Pilih Merpati yang Muda

Masih soal memilih burung Merpati Putih, usahakan jangan membeli burung merpati yang sudah tua. Hal tersebut dikarenakan akan kecil kemungkinan burung ini untuk bereproduksi atau malah burung tersebut waktu hidupnya tidak dapat berlangsung lama. Nah, adapun ciri-ciri burung merpati yang sudah berusia tua yaitu daging dalam sekitar paruhnya terlihat tebal, bagian lubang hidungnya juga terlihat serta adanya kerutan daging tebal. Satu lagi, Merpati Putih yang sudah tua paruhnya tidak mengkilat jika diperhatikan dengan seksama.

Pilih Indukan Berkualitas

Jika anda berniat untuk mengembang biakkan merpati, penting juga bagi Anda untuk menentukan indukan yang terbaik. Pilih burung Merpati Putih jantan sebagai indukan dengan ciri paruh yang lebih tebal dari betina. Ciri lain yaitu ukuran kepala induk pejantan burung merpati lebih panjang dan besar dibandingkan dengan induk betina. Bulu induk pejantan merpati lebih mengkilap dibandingkan dengan betina. Meskipun bisa dibilang harga Burung Merpati Putih ini lebih mahal, tentunya jika anda pecinta burung tidak akan kesulitan untuk memberikan yang terbaik.

Berikan Kandang yang Bagus

Tidak hanya kandang untuk berlindung, Anda perlu menambahkan tambahan fitur dalam kandang seperti daerah bertengger dan lapisan kandang untuk menjaga merpati tetap hangat. Jika Anda mempunyai binatang peliharaan lain, seperti kucing atau anjing, pastikan bahwa mereka tidak mendekati sangkar merpati. Untuk mendapatkan sepasang burung Merpati Putih yang sehat, Anda juga harus memastikan kebersihan kandang. Bersihkan kandang secara teratur dan semprotkan anti bakteri bila diperlukan.

Penuhi Nutrisi pada Makanan

Kebanyakan Burung Merpati Putih sama dengan jenis merpati lainnya menyukai makan biji-bijian, seperti beras, kacang, dan jagung, Makanan merpati dapat dibeli di kios yang menyediakan pakan unggas, atau juga bisa dibeli di toko binatang peliharaan. Sediakan air dalam wadah yang merpati dapat dengan mudah menjangkaunya. Isi wadah dengan air bersih dang anti air yang sudah kotor secara konsisten. Karena air kotor akan membuat burung merpati enggan minum. Anda juga bisa memasukkan vitamin dalam minumannya agar pertumbuhannya maksimal.

Jika Sudah Jinak, Lepaskan Biarkan Bebas

Karena Burung Merpati Putih ialah burung yang suka bersosialisai, terbang dan mondar-mandir maka Anda juga harus memberinya kesempatan untuk lepas dan keluar dari kandang. Biarkan burung keluar sendiri dari kandang untuk pertama kali. Anda juga bisa melepaskannya sesekali untuk melatih kepekaannya terhadap kandangnya sendiri.

Daftar Harga Burung Merpati Putih Lengkap

Jenis Merpati Putih Harga
Merpati Putih 2 Ekor Rp. 70.000
Merpati Pos Putih Megan Rp. 400.000
Merpati Putih Jambul Rp. 125.000
Merpati Persi Putih Rp. 60.000
Merpati Pos Racing Putih Rp. 125.000
Merpati Hias Kipas Putih Rp. 150.000

Harga Burung Merpati Putih memang cukup mahal dikalangannya. Meskipun begitu, tentunya anda sendiri sebagai pecinta burung akan puas jika mendapatkan sesuatu yang bagus. Nah, semoga acuan dari harga jual Burung Merpati ini bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin memiliki atau beternak Burung Merpati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *