Harga Burung Pentet, Peliharaan Cantik Bersuara Merdu

Posted on

Satwanesia.comHarga Burung Pentet – Memelihara burung kicau memang banyak dijadikan hobi karena dapat memberikan hiburan tersendiri. Suara kicauan atau siulan burung oleh penggemarnya dianggap bisa memberikan rasa tenang setelah lelah akibat aktivitas sehari-hari. Burung pentet atau disebut juga burung cendet merupakan jenis burung yang banyak dipelihara karena memiliki kicauan yang merdu. Harga burung pentet ini pun tergolong murah sehingga banyak orang menjadikannya sebagai penyalur hobi memelihara burung.

Harga Burung Pentet
Harga Burung Pentet

Selain dijadikan burung peliharaan, burung pentet juga dapat dilatih untuk dilombakan dalam kontes burung kicau. Kicauan burung pentet dapat dilatih sejak burung masih berupa anakan hingga menghasilkan suara kicauan yang lantang dan merdu. Jika burung pentet sudah sering menjuarai kontes, maka sudah dapat dipastikan harga burung pentet tersebut akan lebih mahal dibandingkan harga beli Anda sebelumnya. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan dari segi ekonomi. Baca Juga : Harga Burung Kacer

Harga burung pentet dipasarkan bervariasi dan juga fluktuatif. Harga bisa naik ataupun turun sewaktu-waktu menyesuaikan banyaknya permintaan. Akan tetapi secara umum harga burung pentet ini tergantung pada jenis, corak dan kondisi keseluruhan burung. Anda penyuka burung yang tertarik dengan burung kicau yang satu ini tidak perlu khawatir karena harga burung ini masih tergolong terjangkau dan masuk akal.

Jenis Burung Pentet Dari Seluruh Dunia

Burung pentet memiliki banyak nama lain sehingga Anda tidak perlu bingung. Ada orang yang menyebut burung pentet sebagai burung cendet, burung betet ataupun burung toet. Burung ini memiliki keanekaragaman yang cukup luas dengan karakteristik masing-masing yang unik. Burung pentet dapat dibedakan berdasarkan warna, ukuran tubuh maupun asal daerahnya. Berikut ini beberapa jenis burung pentet yang paling populer di kalangan pecinta burung tanah air:

Pentet Macan

Burung Pentet Macan
Burung Pentet Macan

Burung pentet macan memilki ciri fisik yang berbeda antara burung betina dan burung jantan. Burung pentet macan jantan yang telah dewasa mempunya warna bulu putih di bagian dada, perut dan kloaka. Di bagian kepala, burung ini memiliki bulu dengan warna abu-abu dengan bagian menyerupai topeng yang berwarna hitam. Sementara itu untuk burung pentet betina memiliki warna bulu cokelat tua yang kusam dengan warna abu-abu serta hitam di kepala. Ciri warna bulu betina ini serupa dengan burung pentet macan muda. Jenis burung ini termasuk sering dipelihara di Indonesia.

Pentet Kepala Blangkon

Burung pentet ini memiliki ciri unik yaitu kepada dengan bulu warna hitam yang menyerupai blangkon. Warna kepala yang hitam ini membuat tampilan burung pentet kepala blangkon ini terlihat seram dan gagah. Burung yang masih anakan belum memiliki warna hitam yang merata di bagian kepalanya namun bagian alisnya berwarna hitam pekat. Menurut para pecinta burung, pentet jenis kepala blangkon ini mempunyai fisik yang cukup kuat dan tidak mudah sakit. Daya tahannya yang kuat menjadikan burung ini seringkali menjadi juara pada kontes burung. Burung dengan kualitas yang baik akan dipasarkan dengan harga burung pentet kepala blangkon yang lebih tinggi. Warna tubuhnya terdiri dari putih dan cokelat yang terlihat sangat kontras dengan kepalanya yang hitam.

Pentet Kembang

Burung Pentet Kembang
Burung Pentet Kembang

Jenis pentet yang satu ini memiliki tampilan fisik menyerupai burung cica matahari sehingga sering membuat orang menyebutnya dengan nama serupa. Secara fisik burung ini mempunyai warna sayap cokelat tua. Bagian punggung burung ini dihiasi dengan bulu bermotif garis. Di bagian wajah, burung pentet kembang mempunyai mata dengan warna iris merah yang menyala. Burung pentet kembang selain mempunyai tampilan fisk yang cantik juga memiliki suara kicauan yang merdu. Suara burung pentet kembang yang unik dapat dibentuk dengan latihan rutin dan perawatan yang tepat oleh pemiliknya. Sayangnya, keindahan burung ini tidak bisa dengan mudah dinikmati karena jenis pentet kembang saat ini tergolong hewan langka yang sulit ditemui. Kelangkaan pentet jenis ini bisa membuat harga burung pentet kembang lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya.

Pentet Kepala Merah

Burung Pentet Kepala Merah
Burung Pentet Kepala Merah

Jenis burung cendet atau pentet selanjutnya adalah burung pentet kepala merah. Disebut demikian karena memang burung ini mempunyai kepala dengan bulu berwarna merah sedangkan tubuhnya berwarna cokelat dengan sedikit kombonasi merah. Burung pentet ini memiliki nama latin Lanius senator dan dapat ditemukan di berbagai negara mulai dari Eropa, Asia, Timur Tengah hingga Afrika. Habitat dari burung ini merupakan wilayah-wilayah dengan banyak pohon dan memiliki jenis tanah berpasir.

Pentet Hitam Putih

Burung Pentet Hitam Putih
Burung Pentet Hitam Putih

Seperti namanya, pentet hitam putih memilki tubuh dengan bulu berwarna putih dengan sedikit warna hitam di bagian pungung dan kepala. Dibalik warna tubuhnya yang monokrom, pentet hitam putih ini ternyata merupakan jenis yang tergolong ganas. Burung pentet dengan nama latin Laniu collaris ini dikenal memilki kemampuan yang sangat baik dalam berburu mangsa. Mangsa dari unggas ini diantaranya serangga, kadal hingga burung lain yang berukuran lebih kecil. Jenis unggas yang satu ini kabarnya masih dapat dengan mudah ditemukan di daratan Afrika tepatnya di sekitar Gunung Sahara.

Pentet Albino

Tidak hanya manusia yang bisa albino, burung pun bisa. Burung pentet albino masuk dalam jenis burung pentet yang cukup langka dan tidak mudah ditemukan. Burung ini memiliki ciri-ciri fisik berupa bulu tubuh yang berwarna putih dengan paruh merah muda. Bagian kaki burung ini umumnya juga berwarna cerah dan bersih. Pentet jenis ini termasuk unik karena warna tubuhnya jarang ditemui. Burung langka ini mungkin dipasarkan dengan harga burung pentet yang lebih mahal dibandingkan jenis yang sudah lebih banyak dijumpai di masyarakat.

Pentet Abu-Abu Besar

Burung Pentet Abu-Abu Besar
Burung Pentet Abu-Abu Besar

Burung ini memiliki postur tubuh yang lebih besar dibandingkan burung pentet jenis lainnya. Bernama latin Lanius excubitor burung ini bisa memiliki ukuran panjang tubuh mencapai 25 cm. Serupa dengan namanya, burung ini mempunyai warna bulu abu-abu dengan sedikit kombinasi warna putih dan hitam. Perpaduan warna dari burung ini beserta ukurannya membuatnya dapat dengan mudah dikenali.

Pentet Abu-Abu Kecil

Burung ini mempunyai warna bulu yang mirip dengan burung pentet abu-abu besar sebelumnya, hanya saja ukuran tubuhnya memang lebih kecil. Sedikit hal yang membedeakan pentet abu-abu besar dengan abu-abu kecil adalah pada burung pentet abu-abu kecil kombinasi warna putih ditubuhnya lebih sedikit dan lebih banyak kombinasi warna hitam.

Selain jenis-jenis pentet tadi sebenarnya masih ada banyak jenis lainnya yang tidak kalah cantik dan merdu kicauannya. Selain dipelihara untuk hiburan ataupun dijadikan peserta kontes kicauan burung, Anda juga bisa membeli anakan burung ini dengan harga yang lebih murah untuk dilatih dan dijual kembali dengan harga burung yang lebih tinggi. Nah, sebelum memutuskan pilihan pada jenis burung yang akan dibeli sebaiknya ketahui dulu harga burung pentet dari berbagai jenis di bawah ini.

Harga Burung Pentet Lengkap

Jenis Burung Pentet Harga
Burung Pentet Anakan Rp. 35.000 s/d Rp. 75.000
Burung Pentet Gacor Rp. 100.000
Burung Pentet Jawa Barat Rp. 50.000 s/d Rp. 200.000
Burung Pentet Jawa Timur Rp. 50.000 s/d Rp. 125.000
Burung Pentet Kembang Rp. 100.000
Burung Pentet Madura Rp. 75.000 s/d Rp. 250.000
Burung Pentet Madura Rp. 75.000
Burung Pentet Matahari Rp. 50.000 s/d Rp. 150.000
Burung Pentet Raja Rp. 100.000 s/d Rp. 300.000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *