Harga Burung Perkutut Terbaru November 2018

Posted on

Satwanesia.comHarga Burung Perkutut – Pengetahuan yang cukup soal makanan, minuman, kebiasaan dan pola hidup perkutut akan sangat membantu proses pemeliharaan itu sendiri. Selain itu, mengetahui jumlah harga burung perkutut yang bisa Anda dapatkan, akan membuat Anda semakin bersemangat soal memelihara perkutut. Tentunya memelihara burung perkutut menuntut para pria untuk tahu soal harga burung perkutut yang paling terbaru. Akan tetapi, mengetahui harganya saja belum cukup. Memahami seluk-beluk burung perkutut akan membantu Anda untuk memelihara mereka dengan lebih baik. Dari harga burung perkutut 2014, tentunya sudah banyak sekali perubahan pada kenaikan harganya. Sebelum melihat berapa harga perkutut tahun ini, mari kita mengenal burung perkutut lebih dalam lagi!

Harga Burung Perkutut
Harga Burung Perkutut

Ulasan Umum Tentang Burung Perkutut

Di dalam dunia sains, burung perkutut diberi nama latin Geopelia Striata. Nama yang sulit diingat untuk telinga Indonesia. Tetapi, tahukah Anda kalau burung perkutut tak hanya dikenal di Indonesia, melainkan juga di luar negeri. Hanya saja, di luar negeri ia disebut sebagai Zebra Dove atau merpati zebra dalam bahasa Indonesia. Sementara di Filipina, perkutut memiliki nama yang penyebutannya hampir mirip, yaitu Kurokutok. Meskipun ia sangat populer sampai ke mancanegara, perkutut merupakan burung endemik Asia Tenggara, sehingga harga burung perkutut menjadi mahal. Hal tersebut tentu saja dipengaruhi oleh nilai endemik yang dimiliki burung perkutut. Baca Juga :  Harga Burung Pleci

Lalu, dimana saja burung perkutut dapat ditemukan bersarang di alam bebas di Indonesia? Jika Anda mengunjungi atau tinggal di Sumatera, Jawa, Bali, dan Lombok, Anda akan menemukan banyak sekali burung perkutut baik ditemukan di alam bebas maupun diperjual-belikan secara legal. Harga burung perkutut-nya pun bermacam-macam tergantung jenisnya. Sekarang Anda bisa menemukan perkutut hampir di mana saja, termasuk Kalimantan dan Sulawesi yang mungkin sudah dibudidayakan. Biasanya, perkutut bisa dengan mudah ditemukan bersarang di semak belukar dan dataran rendah seperti taman atau kebun. Tempat tinggalnya yang dekat manusia ini membuat mereka akhirnya ditangkap untuk peliharaan. Mengapa banyak yang menyukai perkutut untuk dipelihara?

Harga Burung Perkutut
Harga Burung Perkutut

Merawat Burung Perkutut

Memelihara berarti mendedikasikan waktu Anda untuk merawat burung perkutut yang telah Anda beli. Memastikan kalau perkutut ini akan sehat dan baik-baik saja. Bagi sebagian besar orang, kicauan perkutut sangatlah indah untuk didengarkan di kala lelah maupun gundah. Meskipun bagi beberapa orang lainnya, perkutut berkicau dengan monoton dan sama sekali tidak menghibur. Sebenarnya, perkutut bisa dilatih. Jika Anda dengan getol melatih kicauannya, maka suatu saat kicauan perkutut akan lebih baik.

Menurut mereka yang sangat mengerti perkutut, kicauan pejantan lebih bagus daripada betina. Jadi, Anda bisa membeli perkutut pejantan jika menginginkan kicauan yang lebih keras dan merdu. Ingat, jenis kicauan yang disuarakan perkutut juga bisa mempengaruhi harga burung perkutut di pasaran nantinya. Terlebih lagi di wilayah yang langka akan burung perkutut, seperti Kalimantan, Sulawesi dan beberapa wilayah lainnya.

Harga Burung Perkutut
Harga Burung Perkutut

Kebiasaan Burung Perkutut

Setelah memahami habitat asli burung perkutut, Anda juga perlu mengetahui kebiasaan-kebiasaan atau gaya hidup perkutut sebelum nanti mencari tahu harga burung perkutut. Dimulai dari makanan yang ia santap, rumput kecil, umbi rumput, serangga dan binatang kecil merupakan makanan favorit perkutut. Kini, Anda bisa dengan mudah membeli pakan burung perkutut yang sudah dibuat dalam kemasan. Tentunya pakan yang siap makan ini sudah tercampur dengan formula tertentu. Berbeda dengan pakan yang Anda dapatkan dari alam. Ketika perkutut hidup di alam bebas, mereka biasanya mencari makanan di tanah-tanah yang lapang seperti padang rumput atau jalanan. Bahkan, di beberapa tempat, perkutut mencari makanan sampai ke wilayah manusia, seperti hotel, restoran maupun rumah penduduk.

Musim Kawin dan Telur Perkutut

Perlu Anda ketahui burung perkutut juga memiliki musim kawin. Musim kawin bagi perkutut terjadi sekitar bulan September hingga bulan Juni pada tahun berikutnya. Selama musim kawin itu, burung-burung perkutut akan membuat sarang dari rumput atau daun yang ditumpuk. Biasanya, mereka akan membuat sarang di permukaan tanah yang datar atau di dahan pohon yang kuat. Setelah mereka berhasil kawin, betina akan menghasilkan 1-2 butir telur yang kemudian pejantan dan betina mengerami selama 13-18 hari lamanya. Dilihat dari hal itu, tidak heran jika seekornya memiliki harga burung perkutut yang lumayan mahal. Setelah menetas, orang tua mereka akan terus memberi makan hingga mereka sanggup untuk mandiri sekitar 3 minggu setelah menetas, karena saat itulah mereka bisa menggunakan sayap-sayap mereka untuk terbang.

Cara Memilih Burung Perkutut untuk Peliharaan

  1. Setelah bicara soal musim kawin dan gaya hidup burung perkutut selama musim tersebut, membahas cara-cara memilih perkutut dengan benar akan melengkapi pengetahuan Anda. Burung perkutut bersifat terapeutik.
  2. Kicauannya, bagi sebagian besar orang, adalah terapi untuk menenangkan jiwa dan tubuh yang kelelahan akibat bekerja atau pikiran yang mengganggu kehidupan. Lalu apa saja yang perlu Anda perhatikan ketika akan membeli seekor burung perkutut? Beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan adalah:
  3. Fisik: Cacat pada fisik burung akan mempengaruhi harga burung perkutut yang diminta oleh para pedagangnya. Maka dari itu, Anda harus mencari perkutut dengan kondisi fisik yang bagus
  4. Performa: Burung perkutut yang memiliki performa bagus memiliki tingkat kegesitan yang baik. Selain itu kelincahan burung ketika diajak berlatih juga menunjukkan apakah ia memiliki performa yang baik atau tidak
  5. Kicauan: Perhatikan kicau yang perkutut hasilkan! Perkutut yang bernilai tinggi memiliki kicau yang menawan dan mengagumkan di telinga Anda. Selain itu, kicau yang indah akan menaikkan harga jualnya
  6. Tempat penjual: Pastikan Anda membeli perkutut dari tempat yang memang sudah Anda percaya atau sudah direkomendasikan oleh teman-teman Anda. Lebih baik membeli perkutut langsung dari orang yang memang sengaja mengembang-biakan perkutut, karena dipastikan ia lebih tau soal seluk-beluk perkutut daripada orang lain, termasuk Anda.

Daftar Harga Burung Perkutut

Jenis Burung Perkutut Harga
Burung Perkutut Bangkok Rp. 355.000
Burung Perkutut Hitam Rp. 255.000
Burung Perkutut Jawa Rp. 350.000
Burung Perkutut lokal Rp. 150.000
Burung Perkutut Putih Rp. 650.000
Burung Perkutut Putih Rp. 555.000

Harga perkutut sangat bervariasi tergantung pada jenisnya. Ada beberapa jenis burung perkutut yang Anda harus ketahui, seperti perkutut jawa, perkutut Bangkok, perkutut hitam, dan perkutut putih. Ada beberapa perbedaan mendasar diantara mereka, namun perkutut putih memiliki popularitas yang lebih tinggi dibandingkan perkutut jenis lainnya. Hal ini dibuktikan dari harga burung perkutut putih yang lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya. Lalu, mengapa perkutut putih dinilai lebih baik? Hal tersebut ternyata dikarenakan warna putih yang mendominasi seluruh tubuhnya.

Seperti yang kita ketahui bersama, warna putih menjadi warna favorit banyak orang di wilayah Asia. Warna putih menggambarkan kemewahan, anggun dan kemurnian, sehingga burung perkutut putih menjadi perkutut nomor satu yang dianggap memiliki pesona yang tidak terkalahkan. Warna putihnya membuat ia terlihat sangat cantik sampai-sampai banyak sekali orang yang ingin memeliharanya. Nah, sebelum Anda memutuskan untuk membeli burung perkutut dari jenis mana pun, Anda perlu tahu harga burung perkutut yang paling terbaru yang sudah kami sampaikan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *