Harga Burung Puyuh, Unggas Kecil dengan Potensi Bisnis Besar

Posted on

Satwanesia.com – Harga Burung Puyuh – Jumlah lapangan kerja di Indonesia yang tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja membuat banyak orang masih belum berkesempatan mendapatkan pekerjaan impian. Kesulitan mendapatkan pekerjaan ini membuat wirausaha banyak dilirik sebagai profesi yang menjanjikan untuk sumber pendapatan sehari-hari. Usaha yang terbilang menjanjikan salah satunya usaha ternak burung puyuh. Harga burung puyuh di pasaran pun bervariasi tergantung jenis burung puyuh beserta ukuran dan usianya. Semakin tinggi harga burung puyuh akan semakin besar keuntungan yang bisa Anda peroleh.

Harga Burung Puyuh
Harga Burung Puyuh

Burung puyuh merupakan hewan unggas berukuran kecil yang terkenal lincah. Burung puyuh ini hidup di darat dan dapat dimanfaatkan untuk diambil telurnya ataupun dagingnya. Ada banyak penggemar olahan burung puyuh di berbagai daerah di Indonesia sehingga usaha ternak unggas yang satu ini bisa dibilang cukup potensial. Saat ini banyak bermunculan usaha-usaha kuliner yang mencari mitra peternak burung puyuh untuk menyediakan suplai daging puyuh bagi usaha mereka. Hal ini tentu menjadi peluang tersendiri pagi para peternak puyuh. Anda dapat memperoleh keuntungan besar jika memasarkan burung puyuh ketika harga burung puyuh ini sedang naik. Oleh karena itu, tidak salah jika Anda yang berniat untuk berwirausaha mencoba untuk menilik sejenak mengenai serba-serbi tentang ternak burung puyuh ini. Baca juga : Harga Burung Jalak Suren

Prospek Usaha Ternak Burung Puyuh

Prospek dari usaha ternak burung puyuh ini masih cukup cemerlang karena hasil dari telur maupun penjualan daging burung puyuh masih mampu memberikan keuntungan yang besar jika dibandingkan dengan biaya pengelolaan yang tergolong mudah. Anda bisa memilih untuk mengusahakan burung puyuh petelur ataupun burung puyuh untuk tujuan diolah dagingnya. Masing-masing jenis burung puyuh petelur maupun pedaging memiliki pangsa pasar tersendiri yang hampir tidak pernah sepi. Bagi peternak pemula, Anda bisa memulai usaha ternak burung puyuh ini dengan membeli bibit ataupun anakan. Harga burung puyuh anakan biasanya jauh lebih murah sehingga Anda bisa membeli dalam jumlah besar agar hasil panen yang diperoleh nantinya juga besar.

Tidak hanya daging maupun telurnya, kotoran dari burung puyuh ternakan Anda juga ternyata dapat dimanfaatkan dan dijadikan rupiah. Kotoran ternak unggas ini dapat diolah untuk dijadikan pupuk organik bagi tanaman ataupun untuk pakan ikan. Apabila dikelola dengan baik, usaha ternak burung puyuh ini dapat diintegrasikan sedemikian rupa dengan usaha pertanian. Sisa kotoran digunakan sebagai pupuk dan hasil tanaman berupa biji-bijian dijadikan sebagai campuran pakan burung puyuh untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Tips Beternak Burung Puyuh

Bagi Anda yang tertarik membudidayakan atau beternak burung puyuh sebaiknya ketahui beberapa tips penting yang bisa memaksimalkan hasil ternak Anda agar keuntungan yang diperoleh dari harga burung puyuh yang Anda jual akan semakin besar. Berikut ini beberapa cara ternak puyuh sukses, diantaranya :

Pemilihan Lokasi yang Tepat

Pemilihan lokasi bisa sangat menentukan hasil dari burung puyuh yang Anda ternakkan sehingga jangan sembarangan dalam memilih lokasi ini. Pastikan Anda memilih lokasi yang mudah dijangkau oleh kendaraan guna mempermudah mobilitas dalam menyediakan aneka keperluan peternakan maupun untuk mengangkut hasil ternak Anda. Kemudian pilih lokasi yang bersih dan terbebas dari wabah penyakit apapun. Penting untuk memilih lokasi bebas wabah agar burung ternakan Anda dapat hidup sehat dan tidak terserang wabah penyakit apapun. Tidak lupa, pastikan pula lokasi dilengkapi dengan sirkulasi udara yang baik agar kondisi kandang tidak lembab dan mengundang banyak bakteri dan penyakit.

Pembibitan

Sebelum memulai usaha budidaya burung puyuh terlebih dulu Anda harus memiliki burung puyuh anakan yang nantinya dapat menghasilkan telur sesuai yang diharapkan. Pilihlah bibit puyuh betina yang sehat untuk puyuh petelur dan pilih indukan afkir untuk diambil dagingnya. Pilih pula bibit puyuh jantan yang sehat untuk dapat mengawini puyuh betina agar mampu menghasilkan telur.

Pemeliharaan

Pemeliharaan puyuh meliputi sanitasi kandang, pemberian pakan dan pengontrolan kesehatan ternak. Kandang puyuh harus disanitasi secara rutin agar seluruh burung puyuh Anda dapat tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Anda juga perlu memberikan vaksin untuk mencegah puyuh terserang penyakit tertentu. Pemberian pakan perlu dilakukan 2 kali sehari di waktu pagi dan sore. Bentuk pakan pun bervariasi bisa berbentuk tepung, pellet, biji-bijian atau remah tepung. Terakhir, untuk pengontrolan kesehatan, Anda wajib memeriksa ternak-ternak Anda untuk mengetahui jika terdapat burung yang sakit. Jika Anda menemukan burung puyuh yang sakit segera lakukan tindakan baik pengobatan ataupun pemisahan dengan ternak lain agar penyakit tidak menular.

Jenis Burung Puyuh Peliharaan

Selain burung puyuh petelur yang biasa dipelihara dalam jumlah besar, masih ada jenis burung puyuh lain yang dibudidayakan untuk dipelihara. Harga burung puyuh peliharaan ini umumnya lebih tinggi karena burung puyuh peliharaan memiliki corak warna yang cantik dan dapat berfungsi sebagai burung hias. Berikut ini beberapa jenis burung puyuh yang dapat Anda jadikan burung peliharaan:

Rollulus Roulroul

Burung Puyuh Rollulus Roulroul
Burung Puyuh Rollulus Roulroul

Burung ini dikenal juga sebagai burung puyuh mahkota yang memiliki bulu dengan warna yang menawan. Burung puyuh mahkota ini memiliki warna bulu hijau untuk burung jantan dengan warna kebiruan di bagian ekor belakang. Pada bagian sayap, burung puyuh mahkota ini memiliki warna bulu cokelat gelap. Burung ini disebut burung puyuh mahkota karena di bagian kepalanya terdapat bulu yagn berbentuk seperti kipas sehingga seolah-olah burung ini terlihat menggunakan mahkota di kepalanya. Burung Rollulus roulroul betina tidak memiliki bulu yang menyerupai mahkota di kepalanya. Warna bulunya pun berbeda dari burung jantan yaitu berwarna biru kecokelatan muda.

Arborophila JavonavicBurung Puyuh Arborophila Javonavic

Nama lain dari puyuh ini adalah burung puyuh gonggong. Harga burung puyuh gonggong ini pun bisa bervariasi tergantung usia, ukuran serta corak warna bulunya. Burung ini disebut sebagai puyuh gonggong karena suaranya yang menyerupai gong kecik. Secara fisik, burung puyuh gonggong memiliki tubuh bulat dengan ukuran panajng badan kurang lebih 25 cm. Warna kepala burung ini adalah merah gelap dengan paruh berwarna hitam. Puyuh ini memilki warna tubuh kelabu sedikit kecokelatan dengan kaki berwarna merah muda. Burung puyuh gonggong betina mampu bertelur sebanyak 2-3 butir sekalinya.

Coturnix ChinensisBurung Puyuh Coturnix Chinensis

Nama lain dari burung Coturnix chinensis ini adalah puyuh batu. Puyuh batu ini berukuran panjang tubuh kurang lebih 15 cm. Puyuh batu jantan memiliki ciri-ciri fisik tubuh yang tidak seupa dengan puyuh batu betina. Puyuh batu jantan memiliki warna bulu cokelat di bagian perut dan campuran warna cokelat dengan garis-faris hitam di bagian ekornya. Sementara itu, puyuh batu betina mempunyai bulu yang berwarna cokelat muda yang dipercantik dengan adanya garis kehitaman dan kemerahan. Puyuh batu betina ini mampu menghasilkan 4 hingga 6 butir telur setiap sekali periode.

Tertarik untuk memelihara puyuh baik untuk ternak maupun burung peliharaan? Ketahui lebih dulu harga burung puyuh aneka jenis ini.

Harga Burung Puyuh Lengkap

Jenis Burung Puyuh Harga
Burung Puyuh Biasa Rp. 15.000 s/d Rp. 25.000
Burung Puyuh Dewasa Rp. 20.000 s/d Rp. 25.000
Burung Puyuh Petelur Rp. 10.000 s/d Rp. 30.000
Burung Puyuh Jantan Rp. 15.000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *